Selasa, Januari 23, 2018

Medan – Sumawa
Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi langsung memarahi Kadis Pekerjaan Umum (PU) Kota Medan Khairul Syahnan ketika mendapati tumpukan tanah bekas galian drainase tidak diangkat di Jalan Sei Belutu, Kelurahan PB Selayang II, Kecamatan Medan Selayang, Jumat (20/10) sekitar pukul 08.00 WIB.
Pasalnya warga sekitar selama ini mengeluh, sebab tanah bekas galian drainase tidak kunjung diangkat dan dibiarkan menumpuk di atas trotoar hingga badan jalan mulai persimpangan Jalan Sei Ular/Jalan Sei Belutu hingga persimpangan Jalan Sei Belutu/Jalan Setia Budi.
Selain mengganggu kelancaran arus lalu lintas, tumpukan tanah itu dikhawatirkan akan masuk kembali dalam drainase yang telah selesai dikorek . Di samping itu setiap kali hujan deras turun, tanah bekas galian akan berubah menjadi lumpur sehingga mengotori Jalan Sei Belutu.
Begitu tiba di lokasi, wajah Wali Kota langsung berubah memerah setelah melihat tumpukan tanah bekas galian drainase tidak diangkat pelaksana proyek perbaikan drainase. Wali Kota kemudian menaiki tumpukan tanah yang menggunung sekaligus mengecek drainase yang telah selesai digali.
Bersamaan itu Kadis PU Kota Medan tiba di lokasi, Wali Kota pun tak dapat menahan amarahnya lagi. “Mengapa tanah bekas galian drainase ini tidak langsung diangkat dan dibiarkan menumpuk seperti ini. Wajar jika warga di sini mengeluh, lihat saja tumpukan tanah ini mengganggu kelancaran arus lalu lintas. Saya minta sekarang juga diangkat!” kata Wali kota dengan nada tinggi.
Kadis PU hanya bisa tertunduk, kemudian Syahnan pun menghubungi anggotanya untuk segera datang mengangkat tumpukan tanah tersebut. Tak lama beserlang, satu unit alat berat beserta lima unit truk turbo intercoller tiba di lokasi.
Di bawah pengawasan langsung Wali kota, pengangkatan tanah bekas galian drainase pun dilakukan. Backhoe mini selanjutnya mengangkati tumpukan tanah dari badan jalan maupun atas trotoar. “Saya minta seluruh tumpukan tanah ini dibersihkan!” tegasnya.
Di saat pengangkatan tanah bekas galian ini berlangsung, Wali kota selanjutnya meninjau sungai yang tak jauh dari lokasi tumpukan tanah. Kemudian mantan Wakil Wali Kota dan Sekda Kota Medan minta kepada Syahnan untuk mengorek pinggiran sungai yang telah mengalami pendangkalan, guna memperlancar aliran air dari drainase yang telah selesai digali.
Setelah itu Wali Kota kembali mememerintahkan Kadis PU untuk memerintahkan pelaksana proyek pembenahan drainase segera mengangkat seluruh tanah bekas galian drainase maupun parit. Sebab, tidak sedikit warga yang mengeluh karena merasa terganggu dan tidak nyaman dengan kehadiran tumpukan tanah tersebut.
“Perintahkan kepada pelaksana proyek untuk segera mengangkat seluruh tanah bekas galian parit maupun draianse. Saya tidak mau lagi mendengar ada masyarakat yang mengeluh soal tanah bekas galian tidak diangkat!” pungkasnya
Proses pengangkatan tumpukan tanah bekas galian ini membuat arus lalu lintas terganggu. Beberapa petugas Dinas Perhubungan Kota Medan dibantu beberapa pekerja Dinas PU membantu mengatur arus lalu lintas.
“Atas nama pribadi dan jajaran Pemko Medan, saya minta maaf atas ketidaknyamanan ini. Selain masalah tanah bekas galian parit dan drainase, kita akan memperbaiki seluruh jalan kota yang rusak di Kota Medan. Bagaimananpun itu akan kita lakukan sehingga masyarakat tenang dan nyaman,” ungkapnya.
Sebelum meninggalkan lokasi, Wali Kota kembali me-warning Kadis PU untuk segera mempercepat perbaikan jalan rusak dan melakukan pengawasan secara ketat sehingga hasil perbaikan jalan yang dilakukan benar-benar memuaskan masyarakat dan tahan lama. Kemudian segera menginvetarisir jalan rusak yang belum terdata dan segera dilakukan perbaikan secepatnya.
Kehadiran Wali kota mendapat apresiasi dari warga sekitar, salah satunya Masniah Siregar, warga Jalan Sei Belutu No.48. Ibu rumah tangga itu menyampaikan ucapan terima kasih, sebab Wali Kota cepat tanggap atas keluhan yang disampaikan warga.
“Kami di sini mengeluh, sebab tumpukan tanah bekas galian drainase tidak diangkat-angkat. Selain menganggu kelancaran arus lalu lintas, kami khawatir tumpukan tanah ini akan masuk dan menyumbat drainase yang telah digali. Apalagi saat ini musim penghujan, tumpukan tanah ini tentunya bisa berubah menjadi lumpur,” papar Masniah.
Di samping mengucapkan terima atas pengangkatan tumpukan tanah yang dilakukan, Masniah juga sangat bersyukur dilakukannya penggalian drainase lantaran nyamuk jauh berkurang karena air mengalir lancar kembali. (Silalahi)

SERGEI – SUMAWA
Pimpinan Bank Indonesia Perwakilan Sumatera Utara Arif Budi Santoso sukses melakulan pembinaan sejumlah Klaster Pangan di Sumatera Utara.

Salah satu klaster pangan yang di nilai sukses dan berhasil di bina adalah pembinaan dan pelatihan terhadap Gabungan kelompok tani (Gapoktan) Sri Karya dengan menerapkan teknik Budidaya Padi Organik di Desa Pematang Setrak, Teluk Mengkudu, Serdang Bedagai (Sergai). Sumatera Utara.

Demikian di ungkapkan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Wilayah Sumut Arif Budi Santoso ketika melakukan Pashing Out dan Launching Beras Sri Wangi Gapoktan Binaan BI Sumut di Desa Pematang Setrak, Kamis (18/1/2018), Serdang Bedagai.

Adapun produk beras organik Gapoktan Binaan Bank Indonesia (BI) Sumut adalah telah mendapat sertifikat pangan organik dan diberi merek Sri Murni. Beras organik ini telah menembus jaringan salah satu ritel modern di Medan, yang bekerja sama dengan Yuki Supermarket, jelas Arif.

Champion Leader Gapoktan Sri Karya Parlan Sibarani mengungkapkan, padi organik tersebut dibudidayakan dalam klaster seluas 8 ha dengan produktivitas 7 ton hingga 8 ton/ha. “Nantinya lahan produksi akan diperluas dengan melibatkan kelompok tani yang lain,” katanya.

Menurutnya, membudidayakan padi organik memang membutuhkan usaha yang lebih besar dibanding menggunakan sistem konvensional. Namun, hasilnya lebih memuaskan dari segi kualitas dan kuantitas.
Gapoktan Sri Karya sendiri merupakan binaan BI yang dalam beberapa tahun belakangan aktif membentuk klaster pangan di sejumlah daerah di Sumut.

Selain padi organik, BI juga kini tengah mengembangkan klaster bawang merah dan cabai merah. Klaster-klaster itu dibentuk untuk menekan laju tekanan inflasi.

BI sendiri dalam menjalankan misi tersebut terus mendampingi petani mulai dari proses pembenihan hingga pasca panen. Adapun bentuk pendampingan yang diberikan berupa pelatihan untuk meningkatkan kualitas SDM, pemilihan bibit yang tepat, menyediakan fasilitas untuk kelompok tani hingga memberikan bantuan alat-alat pertanian.

“Ini semua kami lakukan agar petani bisa meningkatkan taraf hidup mereka dengan memproduksi produk-produk pertanian berkualitas,” kata Kepala Kantor Perwakilan BI Sumut Arief Budi Santoso.

Selain itu, BI juga membantu jangkauan pasar hasil produksi petani di sana dengan menggandeng Yuki Supermarket. Produk ini juga dijual di koperasi BI dan pengusaha binaan BI.

Dengan penjualan langsung tersebut, harga hingga ke tangan konsumen relatif lebih murah. Biasanya, harga beras organik bermain pada level Rp20.000 hingga Rp25.000/kg. Namun, harga beras produksi petani di sana dijual dengan harga Rp15.000 per kg karena dijual tanpa melalui tangan distributor. “Kami ingin agar masyarakat mengenal beras organik dan segala manfaatnya terhadap kesehatan,” tandas Arief. (silalahi).

Medan – Sumawa
Dalam rangka menyambut awal Tahun Baru 2018, Kepala Bank Indonesia Perwakilan Sumatera Utara Arif Budi Santoso mengadakan pertemuan dengan mengundang sejumlah Wartawan Ekonomi dan Bisnis (WEB) Unit BI di RM Garuda, Jalan Adam Malik, Rabu (17/1/2018) di Medan.

Ada pun Acara tersebut guna melakukan Sosialisasi Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) yang sekaligus pemberian hadiah kepada Pemenang Lomba Kompetensi Jurnalistik dalam Pelatihan Wartawan Daerah 2017.

Arief Budi Santoso selaku Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara di dampingi dua Deputy mengatakan bahwa kontribusi dari awak Media menjadi jembatan untuk menghubungkan informasi bagi masyarakat.

“Semoga pemberian hadiah ini menjadi pemicu semangat bagi para wartawan untuk lebih sering membuat tulisan bermakna bagi negara,” ungkapnya.

Ada pun pemenang dengan Tulisan Jurnalis terbaik 2017 yakni Tri Kurniawan dari City Radio dengan mengusung Thema “Import Beras” dan berhak meraih sebuah Samsung Galaxy Tabs.

Usai melakukan pemaparan tentang Sosialisasi Gerbang Pembayaran Nasional (GPN), Kepala Bank Indonesia Perwakilan Sumut Arif Budi Santoso kemudian mengadakan sesi tanya jawab kepada sejumlah Wartawan yang hadir, kegiatan tersebut mendapat sambutan positif dari para awak Media guna menginformasikan kepada masyarakat tentang Gerakan Pembayaran non Tunai dengan menggunakan kartu Debit.(silalahi).

Medan – Sumawa

Walikota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S M.SI menerima audiensi Ikatan Wartawan Online (IWO) Sumatera Utara di Rumah Dinas Walikota, Kamis (18/01). Kehadiran IWO ini selain bersilaturahmi juga sekaligus mengundang Walikota hadir dalam pelantikan Kepengurusan IWO Sumut yang akan diselenggarakan di Hotel GranDhika, Jl Dr Mansyur, Jumat (19/1).

Ketua IWO Sumut, Mey dari kompas.com menyebutkan organisasi ini merupakan wadah para Media Online yang ada di Sumut. Seluruh anggota IWO merupakan wartawan yang bekerja sebagai sosial kontrol dan perpanjangan tangan masyarakat dalam penyampaian informasi.

“Maka dari itu kami sedang mengumpulkan kawan-kawan dari media online yang benar-benar bekerja untuk bergabung bersama kami, supaya pemerintah daerah juga bisa melakukan kontrol terkait keberadaan media online di Sumatera Utara,” lanjut Mey.

Ditambahkan Mey, sampai saat ini sudah ada 50 media online yg bergabung dan terdata di IWO Sumut. Ini lah yang nantinya akan dilantik Jumat malam.

Kehadiran mereka katanya bukan hanya untuk kepentingan jurnalis, tapi juga untuk kepentingan masyarakat luas, yakni sebagai media masyarakat juga untuk mengawasi dan.mengontrol kinerja pemerintah daerah.

Walikota Medan Drs. Dzulmi Eldin, didampingi Kadis Kominfo Zain Noval dan Kabag Humas Rasyid Ridho Nasution, mendukung pelantikan IWO Sumut. Diharapkan kedepannya IWO Sumut dapat bekerja sama dengan pemerintah Kota Medan dalam penyampaian informasi bagi masyarakat.

“Kalau tidak ada kendala, Insya Allah saya akan hadir,” ucapnya.

Terbentuknya IWO tutur Eldin ini diharapkan juga menjadi sarana yang tepat bagi wartawan media online untuk saling berbagi informasi terkait hal-hal yang dapat bermanfaat luas bagi masyarakat.

“Saya juga masih selalu mendapat informasi pemberitaan dari masyarakat dan media masa untuk dijadikan sebagai masukan referensi Pemerintah Kota Medan dalam memacu program pemda, jadi ada hubungan timbal baliknya,” ungkap Eldin.

Kesempatan itu juga dijadikan Walikota untuk menerangkan bahwa saat ini dirinya masih fokus pada perbaikan infrastruktur kota. “Infrastruktur dasar itu vital, kalau tidak kita lakukan hal itu, kota Medan akan terlihat biasa biasa saja, tidak menarik bagi investor untuk masuk ke Medan. Ini yang harus kita cermati bersama,” sambungnya.

Eldin menyadari tidak semua pembangunan infrastruktur tertampung dalam APBD Kota Medan. Ketika memang anggaran daerah tidak mampu dirinya siap menerima bantuan pembangunan dari Pemerintah Pusat. Seperti yang disampaikan oleh Presiden RI Joko WIdodo saat meninjau Ex Pasar Aksara yang terbakar, yang karena keterbatasan anggaran Pemko Medan maka akan dibangun tahun ini oleh Presiden melalui Kementerian PUPR.

Diakhir penyampaiannya, Eldin juga menuturkan telah menginstruksikan OPD agar terbuka kepada masyarakat. “Melalui Dinas Kominfo dan Bagian Humas, silahkan disampaikan program-program Pemerintah Kota yang sudah berjalan dan yang akan berjalan supaya masyarakat tahu bahwa pemerintah kota itu bekerja,” sebutnya seraya menekankan bahwa orientasi Pemko Medan adalah tetap pada niatan melayani dan berbuat yang terbaik untuk masyarakat Kota Medan. (Silalahi)

MEDAN I SUMAWA
Aksi pencurian Alat Berat jenis Excavator di Sumatera Utara di nilai telah meresahkan banyak pihak dan memakan banyak korban, dengan adanya laporan masyarakat tersebut dengan sigab Polda Sumut berhasil mengungkap dan menangkap para gerombolan pelaku dari sejumlah tempat.

Dalam Press Releasenya Kapolda Sumut Irjen Pol Drs. Paulus Waterpauw dalam hal ini di wakili Dir.reskrimum Polda Sumut Kombes Pol Andi Ryan Tjahyadi,SIK dan Kabid Humas Polda Sumut Kombes Pol Dra. Rina Sari Ginting senin (15/1/2018) di Medan mengungkapkan bahwa Peristiwa berawal pada hari Senin tanggal 01 Januari 2018 sekira pukul 02.30 Wib di Devisi II areal pembibitan 16 Hektar Sei Balai Estate desa Perkebunan Sei Balai Kec. Meranti Kab. Asahan.

telah terjadi tindak pidana pencurian dengan kekerasan dilakukan oleh Robin Manik als Manik (40, desa Sei Ubo Kec. Paranap Kab. Indragiri Hulu Provinsi Riau) berperan sebagai Membuka / membongkar alat berat atau Excavator (Beko) dan mengikat dua kaki dan tangan penjaga alat berat Excavator, Khairul Amri Damanik als AM (36, Dusun X desa Sei Dua Hulu Kec. Simp. IV Kab. Asahan Prov. Sumut).

Berperan sebagai Mengikat kedua kaki dan tangan penjaga alat berat excavator dan membuka / membongkar alat berat atau excavator, Sawal Marpaung als Sawal (38, dusun XII desa Padang Mahondang Kec. Pulo Rakyat Kab. Asahan), berperan sebagai mengatur strategi untuk melakukan pencurian dengan kekerasan, membeli dan mempersiapkan alat-alat kunci untuk membongkar excavator, mempersiapkan tali, lakban untuk mengikat penjaga alat berat, memotong / mempersiapkan pelepah sawit yang digunakan sebagai alat untuk memukul korban, mengikat kedua kaki dan tangan korban dengan menggunakan tali dan Juanda Sirait als Juanda (47, Labuhan Baru dusun XII desa Sei Paham Kec. Sei Kepayang Kab. Asahan).

Berperan sebagai mencari sasaran yang akan dicuri, menyiapkan parang untuk memotong pelepah sawit sebagai alat pemukul, mengikat kedua kaki dan tangan korban dengan menggunakan tali dan mengawasi para penjaga yang telah diikat. Para tersangka mendatangi penjaga alat berat excavator (beko) di areal pembibitan 16 hektar Sei Balai Estate desa Perkebunan Sei Balai dengan berjalan kaki mendatangi Gubuk / kos jaga alat berat excavator dan pembibitan buah kelapa sawit yang saat itu ada dilantai bawah gubuk / pos dimana di pos tersebut yang dijaga satu orang dilantai bawah dan dua orang di lantai atas.

Tersangka Robin Manik als Manik mengatakan kepada para penjaga gubuk /pos ” Jangan bergerak” Mati Kalian Nanti, sambil mengancungkan pelepah sawit + ukuran panjangnya 50 Cm yang ditempelkan kearah leher salah seorang yang sedang tidur-tiduran dilantai bawah gubuk / pos jaga, lalu para tersangka mengikat kedua kaki para penjaga tersebut dengan tali dan menutup mata dan telinga dengan menggunakan plaster lakban warna coklat setelah itu para tersangka membukai alat mesin excavator dan dimasukkan kedalam plastik dan membawa barang tersebut.

Pada hari Jumat tanggal 05 Januari 2017 sekitar pukul 23.30 Wib didusun XIV desa Sei Dua Hulu Kec. Simp IV Kab. Asahan tersangka Khairul Amri als Damanik, Robin Manik, Sawal Marpaung dan Juanda Sirait melakukan pencurian onderdil Excavator (beko) merek Hitachi berupa 2 unit Treper motor kanan kiri, 2 unit Pum Pompa, 1 unit Handel kiri, 1 unit paneldan 1 unit Perposonal Pulp dengan cara mendatangi sebuah rumah dimana salah seorang tersangka Sawal Marpaung menunjang pintu rumah sehingga pintu terbuka kemudian para tersangka lainnya memasuki rumah lalu mengikat suami istri yang sedang tidur diruang tamu dengan menggunakan kelambu dan mengancam suami sambil menodongkan pelepah sawit kearah lehernya lalu mengikat kedua kaki dengan menggunakan tali plastik warna hitam dan menutup mata, mulut dan telinga dengan menggunakan lakban warna hitam, karena ribut-ribut istri terbangun dan tersangka menodongkan pelepah sawit kearah istri sambil mengancam dan mengikat kedua kaki perempuan tersebut.

Setelah mengamankan kedua suami istri tersebut para tersangka mendatangi excavator / beko yang jaraknya + 30 meter dan membukai onderdil excavator / beko dengan menggunakan kunci yang sudah mereka persiapkan setelah selesai mereka masukkan kedalam goni plastik dan membawanya pergi. Pada hari Senin tanggal 08 Januari 2018 sekira pukul 15.05 Wib tiga tersangka an. Khairul Amri Damanik, Robin Manik dan Sawal Marpaung ditangkap di jalan Karakatu Ujung Medan, dan satu orang lagi an. Juanda Sirait ditangkap didaerah Sei Paham Kec. Sei Kepayang Kab. Asahan. Para tersangka diamankan oleh Subdit III Ditreskrimum Polda Sumut dan satu orang tersangka an. Halomoan Manik (Belum tertangkap). Dalam kejadian tersebut kerugian materil dialami PT. BSP Tbk Kisaran mengalami kerugian sebesar Rp. 361.650.000,- dan PT. Pembangunan Perumahan Tbk mengalami kerugian sebesar Rp. 150.000.000,-.

Adapun barang bukti yang di amankan
– 1 unit sepeda motor Yamaha Mio Sporty
– 2 potongan tali plastik warna hitam dan lakban warna kuning
– 2 unit treper motor kanan kiri
– 2 unit Pump Pompa
– 1 unit Handel kiri
– 1 unit Panel
– 1 unit Perposonal Pulp
– 1 bilah parang panjang bergagang kayu
– Potongan plastik / lakban warna hitam
– 1 unit mobil Xenia warna putih No. Pol 1530 VM

Masing – masing tersangka melanggar Pasal 365 ayat (1) dan ayat (2) ke 2e, 3e KUHPidana dengan ancaman hukuman 12 tahun penjara (silalahi).

Nb: foto menyusul

MEDAN -SUMAWA
Wagubsu Dr Nurhajizah Marpaung SH MH menghadiri Perayaan Natal tahun 2017 dan Tahun Baru 2018 Polda Sumatera Utara, Sabtu malam (13/1) di Regale Internasional Convention Center Jalan Adam Malik Medan.

Wagubsu pada kesempatan itu mengatakan semangat perayaan natal Poldasu tahun 2017, jajaran Polri di Sumatra Utara dapat memperbaharui semangat dalam menyikapi dan menangani setiap permasalahan secara arif dan bijaksana yang sewaktu-waktu dapat muncul di tengah masyarakat. “Diharapkan polri bersama dengan masyarakat dapat mengamankan pelaksanaan pembangunan dan menjaga kemananan masyarakat, khususnya di Sumatera Utara,” ujar Wagubsu.

Wagubsu juga berpesan agar Kapoldasu tidak dalam waktu dekat dipindahtugaskan dari peovinsi Sumatera Utara. Karena menurut Wagubsu Bapak Kapoldasu Irjen Pol Paulus Waterpaw seluruh hatinya di tumpahkan agar Sumatera Utara bisa nayaman dan tetap kondusif. Oleh karenanya lanjut Wagubsu bahwa dirinya telah menitipkan pesan kepada Kapolri melalui ibu Kapolri agar Kapoldasu jangan dipindahkan dari Sumatera Utara. “Masyarakat Sumut masih butuh sosok Paulus Waterpaw yang berani dan seluruh hatinya ditumpahkan demi Sumut yang aman dan tetap kondusif. Jangan pindah dari Sumatera Utara sebelum bintang tiga,” sebut Nurhajizah.

Selain itu wagubsu juga mengatakan bahwa pemprovsu menyambut baik penyelenggaraan perayaan natal Poldasu tahun 2017. Kegiatan ini lanjutnya mencerminkan kebersamaan dan terjalinnya ikatan persaudaraan dikalangan keluarga besar polda Sumatera Utara da jajarannya. “Kesungguhan ini menunjukkan bahwa kita harus selalu berupaya meningkatkan pemahaman, penghayatan, pengamalan dan pencerahan nilai-nilai ajaran agama yang sangat hakiki, khususnya terhadap makna natal ini,” Mudah mudahan di tahun 2018 ini kita masyarakat Sumatera Utara tetap nyaman dan damai,” imbuhnya.

Kapoldasu Irjen Pol Drs Paulus Waterpaw dalam sambutannya mengajak kepada seluruh jajaran polri di lingkungan polda Sumatera Utara dalam bekerja melayani masyarakat dengan selalu menebar damai untuk semua orang. “Bekerja dengan hati, mari kita tebar kedamaian untuk seluruh masyarakat khususnya di provinsi Sumatera Utara,” ujar Jenderal Bintang Dua tersebut seraya menghimbau agar terus meningkatkan kinerja hingga mampu membangun kepercayaan masyarakat.

Wakil Ketua Panitia AKBP MP Nainggolan melaporkan kegiatan perayaan Natal itu bertema “Damai Sejahtera Kristus Terwujud Dalam Polri yang Profesional, Moder dan Terpercaya”. Sedangkan Pengkhotbah Pdt Dr Donald Sinaga STh. Ibadah Natal itu akan dipandu Pdt Juanda Sitinjak STh.

Nainggolan mengungkapkan, dalam kaitan perayaan Natal 2017 dan Tahun Baru 2018 tersebut, unsur panitia telah melaksanakan berbagai kegiatan sosial, seperti memberikan bantuan pangan ke Panti Asuhan Sahabat Anak di Kelambir.

Kemudian, memberikan bantuan pangan ke Panti Asuhan Simpang Tiga di Jalan Danau Toba, No 14, Sei Agul, Panti Asuhan Terima Kasih Abadi Jalan Danau Singkarak Medan. “Kegiatan sosial juga kami melakukan dengan membersihkan lingkungan gereja di sekitar Mapolda Sumut, Gereja GBKP samping Mapolda, Gereja Khatolik depan Polda serta Gereja HKBP Martoba Tanjung Morawa,” ungkap Nainggolan.

Selain jajaran Poldasu acara natal yang berlangsung cukup meriah tersebut juga dihadiri Anggota Komisi III DPR RI Junimart Girsang, Ketua DPRD Sumut Wagirin Arman, mewakili FKPD Provsu, Walikota Medan Dzulmi Eldin, para pastor, pendeta, para pemuka agama dan banyak undangan lainnya.(silalahi).

DABO SINGKEP – SUMAWA
Ketua Umum IWO, Jodhi Yudono mengatakan, IWO adalah organisasi wartawan yang serba terbuka dalam menyampaikan berita.

Wartawan yang tergabung dalam organisasi IWO harus menyajikan berita sesuai data yang valid, tidak boleh mengurangi atau menambah data,”

Hal tersebut di ungkapkan Ketua Umum IWO Jodhi Yudoyono ketika melantik Kepengurusan Ikatan Wartawan Online (IWO) Kabupaten Lingga, periode 2017-2022 di Gedung Nasional, Dabo Singkep, Kabupaten Lingga, Provinsi Kepulauan Riau, Minggu (17/12/2017) malam.

Dalam Pelantikan IWO Kabupaten Lingga tersebut bertemakan “Menjadikan wartawan online yang profesional, berkompeten, sejahtera, jujur dan anti Hoax” ini turut dihadiri oleh Plt. Sekda Kabupaten Lingga, pengurus IWO Kepri, Kejaksaan Lingga, Wakapolres Lingga, KNPI Lingga, serta undangan FKPD lainnya.

Jodhi Yudoyono berharap, dengan hadirnya IWO bisa mengembalikan kepercayaan masyarakat terhadap media. Menurutnya, zaman sekarang ini semakin banyak oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab sengaja menyebarkan informasi yang belum jelas kebenarannya.

“Tugas kita sebagai wartawan online adalah untuk memeriksa kebenaran berita itu. Kita berperan meluruskan segala informasi yang belum jelas datanya,” jelasnya.

Ketua IWO Lingga, Mardian mengatakan, ke depannya IWO Lingga bertugas untuk mendampingi pemerintah membangun Kabupaten Lingga.

“Di sinilah kami memulai peran mendampingi pemerintah daerah untuk memajukan Kabupaten Lingga dan masyarakat luas tahu apa saja program Pemerintah Daerah Lingga,” ujarnya.

Plt. Sekda Kabupaten Lingga, Djunaidi Azam mengatakan, dahsyatnya teknologi informasi memberikan perubahan yang sangat pesat dalam kehidupan manusia. Namun kata dia, perubahan tersebut tidak hanya positif tapi negatif.

“IWO Lingga berperan penting memerangi berita-berita Hoax. Saya berharap jangan ada berita-berita Hoax di Kabupaten Lingga,” ucapnya.

Ia berharap wartawan yang tergabung dalam IWO membantu pemerintah mempromosikan pariwisata Kabupaten Lingga.

“Besar harapan kami wartawan media online khususnya yang tergabung dalam IWO memberitakan potensi wisata Kabupaten Lingga,” tutupnya. (silalahi).

Sekdaprovsu Terima Audiensi Pengurus AKLI Sumut:
Pemprovsu Harap AKLI Dukung Pembanguna Kelistrikan Sumut

Medan – Sumawa
Plt. Sekertaris Daerah Provsu Ibnu S Hutomo menerima audiensi Asosiasi Kontraktor Listrik Indonesia (AKLI) Sumut dalam rangka rencana pelaksanaa musyawarah daerah (Musda). Ibnu mengharapkan pelaksanaan Musda AKLI berjalan lancar dan menghasilkan rekomendasi yang mendukung pembangunan kelistrikan Sumut.

Hal itu disampaikan Sekdaprovsu saat menerima pengurus Akli Sumut, Rabu (10/1) di ruang kerjanya kantor Gubsu Jalan Diponegoro Medan.

Hadir pada audiensi tersebut Ketua Akli Sumut Ir Parlaungan Simangungsong serta pengurus Akli lainnya Ir H Lilik Ismadi Ketua I , Ir M Rusli Ketua Panitia Musda Akli, Ir Hotman Sirait Sekretaris Panitia Akli dan sekertaris panitia juga bendahara Akli William Leo S Kom.

Sekdaprovsu mengatakan kehadiran Akli Sumut sangat penting dalam kemajuan listrik di daerah. ” Akli merupakan mitra penting PT PLN Sumut dalam pembangunan tenaga listrik, untuk itu saya mewakili Pemprovsu asosiasi ini bisa lebih dinamis dan jadi mitra PLN,”katanya.

Musda yang akan diselenggarakan pada tanggal 17 Januari, Sekdaprovsu mewakili Gubsu berupaya hadir pada acara tersebut yang akan di selenggarakan di Hillpark Berastagi Deli Serdang.

“Untuk kemajuan listrik kedepan, Musda ini sangat penting maka insya Allah kalau tak ada halangan Gubsu dan saya akan hadir ,” ujarnya.

Sementara Ketua Akli Sumut Ir Parlaungan Simangunsong mengatakan Musda ini akan dihadiri oleh Komisi VII DPR RI yang tujuannya untuk memberi masukan kemajuan listrik Sumut.

Saat ini kata Parlaungan kondisi listrik Sumut sudah surplus tapi hanya kondisi gardu yang sering bermasalah. Ini dikarenakan usia dari gardu tersebut, hingga kalau terjadi pemadaman disebabkan oleh persoalan kondisi gardu.

Sementara Musda tersebut juga akan dihadiri oleh seluruh pejabat PT PLN mulai dari Wilayah, Pembangkit, Transmisi dan Regional seluruh Sumut (silalahi).

Final-Recipient: rfc822; fran_q@gmail.com
Action: failed
Status: 5.0.0
Diagnostic-Code: smtp; 550 5.1.1 The email account that you tried to reach does not exist. Please try double-checking the recipient’s email address for typos or unnecessary spaces. Learn more at https://support.google.com/mail/?p=NoSuchUseri1sor5653232vkg.106 – gsmtp
Last-Attempt-Date: Wed, 10 Jan 2018 00:25:29 -0800 (PST)

———- Pesan Yang Diteruskan ———-
From: Humas Kangub
To: ayub_robert@yahoo.com, junitasianturi@yahoo.com, Amrizal Medan , Andar Ht Galung , Aziz Kominfo , Candra Seger , Detak Sumut , Dewi Subbag Humas , Eli Kominfo , Franky Kominfo , Herland Sembiring , “Humas & Keprotokolan Setdaprovsu” , Humas Pemprovsu , Humas Provsu , Ilyas Sitorus , Indah Dwi Kumala , Joko Susilo , khairul abdi , Khairul Hifzi , kristina , Maria surbakti , mayjen simanungkalit , “mestikadewi@yahoo.co.id” , Muhammad Iqbal , Nurdin Lubis , nurni sulaiman , Pahala Siregar , Paten Center , posmetro syahrul , “pujisantoso12345@yahoo.com” , redaksi patroli news , Rika Permana , Sahbana Azmi , Sekdaprovsu Hasban , Sumut Online , Surya Waspada , tipikor , tri kurniawan
, Widya , Zullifkar AB , buser.investigasi@yahoo.com, drscharlesdaulay@gmail.com, ernimedan@yahoo.com, tarwiyahcikal@yahoo.com, tohomsinambela10@gmail.com, Ade Metro24 , Alfindo , ali nurdin , Alian Mandiri , Amril Kotto , amson , Anton Siahaan , Arnolf Simanjuntak , “assoy2004@yahoo.com” , Ayu Lubis Buana Online , Azhari Medan Sumut , Bandar Meriah News , berita sumut , Bundo Formatnews , Damanik Pro Media , dame Sumutpos , Damsar ICW , Dian Gunawan Bumantara , DNA Berita , “Eby.aritya@yahoo.com” , Fakhrur Rozi , Fakta Online , Garuda News Nusantara Harry Silaen , Harry , Heny Detektif Monitor , Herman Sjah , Heru Gondrong , “Husni Sentralberita.com” , Iil Askar , irma yuni , Irwan Suara Nasional , Issha Harruma , jafar wijaya , Jakarta Post , Jefris Santama , JUANDA SITORUS , Kadirun Polmas Poldasu , “L. Gaol Media Buana” , Maranatha Tobing , markus pasaribu , Medan Ekspos , Mei Leandha , Mukhtar Sikumbang , Mula Tinambunan , nisa lubis , Palapa Pos , Putra Portibi , Putut Medianusantara , rina a nasution , Rizal koran mandiri , Rizky Pradita , Robinson Bikas , Rosen Metrorakyat , Sahat Silalahi Bidik Independen , sahat simamora sangkakala , Samsul Medikom , Simon Indonesia Express , Simon Sembiring , Sinar Pagi Baru , suara keadilan , suaramedan , suardi WIB , Sulai Man , Tajuk Co , Togang Metro24 jam , Togang Metro24Jam , Top Metro
, ucok iswandi , Ucok Waspada Online , UCOK Waspadaonline , ulfah rambe , yeni sitorus , Yoseph Pencawan , Zulkarnain SuaraSumut , Zullifkar Abubakar , farida_noris@yahoo.com, Agus , Agus Realitas Gmail , Ahyuni Smart FM , “ala.posmetro” , Amir Harian Waspada , amir waspada gmail , anggi , “Damai Aktual.co” , Dani Harian Pelita Umum , Detik , Dofu Zogamon Gaho Simantab , Erris Gaya Medan , Eva Antara , Fahrizal Daulay , harvina Humas , Ilham Pane Starberita , Irvan Sugito , Irwan Andalas , Irwan Ginting , Jamalum Orbit , Khairul Muslim Medan Pos , Kirwanto TVRI , Lukman Perjuangan baru , “M. Nanda Matahari” , Manalu Central , Mega Kiss , metropolis news , nanda , nanda fahriza batubara , Nirwan Sukartara , nona hafnida , Rahmi Siregar , Reza Batak Pos , Roland SIB , roland tambunan , Rozi , “Rozi Akses.co” , Sahat Simatupang Koran Tempo , Sahat Tempo , Siti Delina Berita Sore , sumuang nababan mordong , Sumuang Perjuangan , Toga Nainggolan , togang sitorus , Togang Sitorus Metro24 , Ucok Sumut 24 , Ucok UI News Online , Winda , Wismi Kompas , Wismi Kompas , yenni media indonesia , Zulfikar Mimbar Umum , Zulfikar Tanjung
Cc:
Bcc:
Date: Wed, 10 Jan 2018 15:25:27 +0700
Subject: Sekdaprovsu Terima Audiensi Pengurus Akli Sumut

Sekdaprovsu Terima Audiensi Pengurus AKLI Sumut
#Pemprovsu Harap AKLI Dukung Pembanguna Kelistrikan Sumut

Medan- Plt. Sekertaris Daerah Provsu Ibnu S Hutomo menerima audiensi Asosiasi Kontraktor Listrik Indonesia (AKLI) Sumut dalam rangka rencana pelaksanaa musyawarah daerah (Musda). Ibnu mengharapkan pelaksanaan Musda AKLI berjalan lancar dan menghasilkan rekomendasi yang mendukung pembangunan kelistrikan Sumut.

Hal itu disampaikan Sekdaprovsu saat menerima pengurus Akli Sumut, Rabu (10/1) di ruang kerjanya kantor Gubsu Jalan Diponegoro Medan.

Hadir pada audiensi tersebut Ketua Akli Sumut Ir Parlaungan Simangungsong serta pengurus Akli lainnya Ir H Lilik Ismadi Ketua I , Ir M Rusli Ketua Panitia Musda Akli, Ir Hotman Sirait Sekretaris Panitia Akli dan sekertaris panitia juga bendahara Akli William Leo S Kom.

Sekdaprovsu mengatakan kehadiran Akli Sumut sangat penting dalam kemajuan listrik di daerah. ” Akli merupakan mitra penting PT PLN Sumut dalam pembangunan tenaga listrik, untuk itu saya mewakili Pemprovsu asosiasi ini bisa lebih dinamis dan jadi mitra PLN,”katanya.

Musda yang akan diselenggarakan pada tanggal 17 Januari, Sekdaprovsu mewakili Gubsu berupaya hadir pada acara tersebut yang akan di selenggarakan di Hillpark Berastagi Deli Serdang.

“Untuk kemaju —– Message truncated —–

Maling Kampung Di Permak Warga

MEDAN – SUMAWA
Alexander Tarigan alias Alex (31) warga yang tinggal di jalan Sagu Raya Perumnas Simalingkar Medan Tuntungan babak belur di permak warga karena kepergok melakukan pencurian di rumah kosong milik Lamro Rusman Tambunan pada kamis (28/12/2017) lalu di jalan Pinang Raya III No.11 Perumnas Simalingkar Medan Tuntungan.

Berdasarkan keterangannya Sebelum melakukan aksinya para tersangka terlebih dahulu melakukan pemantauan ke kompleks perumahan dengan mengamati rumah-rumah kosong yang di tinggal pemiliknya, yang kemudin setelah menemukan targetnya para tersangka mulai melakukan aksinya dengan cara mencongkel rumah korban dengan menggunakan Kampak.

Lamro Rusman Tambunan (39) pada wartawan mengatakan bahwa ia bersama keluarga sedang mudik ke kampung halamannya di Dolok Sanggul untuk merayakan malam tahun baru namun baru dua hari di kampung dia mendapat telepon dari tetangga bahwa rumahnya di congkel maling, katanya di Polsek Deli Tua Rabu (4/1/2018).

Lamro menambahkan bahwa pelaku dalam melakukan aksi kejahatannya tidak sendirian tapi di bantu oleh temannya Abel Ginting yang saat ini sedang di buru oleh Tim Reserse Polsek Deli Tua ke kampung asalnya di Kaban Jahe.

Adapun barang-barang yang berhasil di gondol para gerombolan maling tersebut yakni satu unit sepeda motor Metic merek Mio, Camera Digital Merk Sony dan sejumlah uang Ringgit serta perhiasan, jadi jumlah kerugian yang di alami korban di perkirakan sekitar Rp 20 juta, ucap Lamro.

Penyidik Polsek Deli Tua R. Sinulingga SH ketika di konfirmasi wartawan terkait hal tersebut mengatakan bahwa guna mempertanggung jawabkan perbuatannya tersangka Alexander Tarigan saat ini di kenai pasal 363 ayat 2 KUHP pidana yang ancaman Hukumannya 9 tahun, katanya.

Sejumlah warga juga menyebutkan kalau perbuatan tersangka sudah sangat meresahkan masyarakat sekitar, karena seringnya terjadi pencurian sepeda motor di kompleks ini, warga berharap agar para tersangka di hukum seberat – beratnya sesuai Hukum yang berlaku, dan kami berharap agar Polisi Propesional dalam menangani kasus ini agar warga tidak resah, ujar sejumlah warga yang tidak ingin namanya di sebutkan.

Lamro Rusman Tambunan yang di kenal sebagai Tokoh Pemuda ini mengungkapkan bahwa sangat mengapresiasi kinerja dan pelayanan Personil Polsek Deli Tua yang di nilai cukup propesional, dan dia berharap agar pelaku yang lainnya segera secepatnya tertangkap, pungkasnya. (Silalahi)

Medan – Sumawa

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi memimpin apel pagi dengan seluruh jajaran RSUD Dr Pirnagdi Medan, Senin (9/1). Dalam apel yang berlangsung di halamah depan rumah sakit milik Pemko Medan tersebut, Wali Kota minta kepada seluruh jajaran RSUD Dr Pirngadi Medan untuk terus mengevaluasi kinerja, serta senantiasa memperbaiki kekurangan yang masih ada baik menyangkut manajemen, administratif maupun pelayanan.

Dikatakan Wali Kota, evaluasi dan perbaikan ini sangat penting dilakukan guna mewujudkan pelayanan kesehatan berkualitas dan terstandarisasi, khususnya bagi para tenaga medis sebagai ujung tombak yang berhubungan langsung dengan pasien. Kemudian selalu meningkatkan koordinasi dan komunikasi antar unit layanan maupun sektor sehingga tercipta pelayanan yang terintegrasi sekaligus membangun rasa saling memiliki serta loyalitas terhadap organisasi.

“Saya berharap dengan memasuki tahun 2018, kita semakin bersemangat dalam bekerja, semakin berkualitas dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyaraat serta manjemen pengelolaan rumah sakit harus terus diperbaiki sehingga semakin baik lagi dibandingkan dengan tahun lalu,” kata Wali Kota.

Selanjutnya Wali Kota menekankan akan pentingnya menciptakan komunikasi yang harmonis antara dokter, perawat, maupun pasien beserta keluarganya. Wali Kota yakin dengan komunikasi yang baik akan melahirkan rasa kepercayaan dan nyaman pasa diri pasien beserta keluarganya.

“Untuk itu saya minta kepada dokter maupun perawat yang menangani pasien agar menyampaikan hasil evaluasi medis setiap hari kepada pasien maupun keluarganya sehingga mereka mengetahui dengan jelas mengenai hasil perkembangan dari perawatan yang telah dilakukan,” ungkapnya.

Dihadapan Sekda Kota Medan Ir Syaiful Bahri Lubis, Dirut RS Pirngadi Dr Suryadi Panjaitan, Sp PD serta para profesor, dokter, perawat dan pegawai yang mengikuti apel pagi, Wali Kota brpesan kepada sleuruh jajaran RSUD Dr Pirngadi agar dapat bekerja dengan profesional dan manajemen rumah sakit semakin baik dalam melakukan pengelolaan, serta berupaya mengembangkan sarana dan prasarana guna memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

“Pemko Medan akan selalu memberikan dukungan untuk pengembangan dan peningkatan pelayanan di RSUD Dr Pirngadi pada masa mendatang. Mari kita saling bahu-membahu memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik, menciptakan masyarakat kota yang semakin sehat dan berkualitas. Dengan demikian kita semakin siap dalam bersaing dengan pelayanan kesehatan lainnya.

Usai apel dan memberikan arahan, Wali Kota selanjutnya diulosi oleh pihak RSUD Dr Pirngadi. Pengulosan dilakukan oleh Prof Dr Harun Al Rasyid Lubis sebagi bentuk apresiasi dan penghormatan atas kehadiran Wali Kota dan masukan yang selalu diberikan demi kemajuan rumah sakit yang didirikan pada masa Pemerintah Kolonial Belanda tanggal 11 Agustus 1928 dengan nama Gementa Zieken Huis.

Setelah itu Wai Kota memimpin rapat dengan jajaran direksi dan pejabat fungsional di lingkungan RSUD dr Pirngadi. Wali Kota mengingatkan, RSUD Dr Pirngadi telah menetapkan visinya menjadi pusat pelayanan kesehatan rujukan secara regional. Guna mewujudkannya harus ditunjang dengan manajemen pelayanan yang terstandarisasi.

“Jadi kita smeua harus mendukung, terutama bapak dan ibu yang merupakan bagian internal di organisasi ini, Sebab, visi tersebut bukan hanya visi Dirut RSUD Dr Pirngadi tetapi visi kita semua, termasuk visi Pemko Medan. Untuk itu kita harus terus evaluasi kienerja kita masing-masing dan mari kita awali tahun 2018 ini dengan kerja yang lebih baik lagi dibandingkan tahun sebelumnya,” pungkasnya. (Silalahi)

Medan – Sumawa

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi bersama ribuan warga Kota Medan menyambut detik-detik malam pergantian tahun di Lapangan Merdeka, Minggu (31/12). Selain menggelar panggung hiburan rakyat, kedatangan tahun 2018 juga disambut dengan doa bersama yang disampaikan lima orang pemuka agama dari Islam, Kristen Protestan, Khatolik, Hindu, Budha dan Konghucu.

Ketika jarum jam menunjukkan tepat pukul 00.00 WIB, perubahan dari tahun 2017 menjadi 2018 pun disambut dengan pesta kembangapi yang cukup meriah selama hamper 15 menit. Pesta kembang api ini merupakan sumbangan dari pihak ketiga kepada Pemko Medan guna memeriahkan malam pergantian tahun tersebut.

Detik-detik malam pergantian tahun juga dihadiri Wakil Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi, Kapoldasu Irjen Pol Paulus Waterpaw, Wakapoldasu Brigjend Agus Andrianto, Kapolrestabes Medan Kombes Pol Dadang Hartanto, Plh Dandim 0201/BS Kolonel Arm Anggoro Nur Setiawan, unsur Forkopimda Kota Medan serta pimpinan OPD di lingkungan Pemko Medan.

Antusiasme masyarakat menyaksikan malam pergantian tahun di Lapangan Merdeka cukup tinggi. Apalagi Pemko Medan melalui Dinas Pariwisata Kota Medan menggelar pangung hiburan rakyat dengan menghadirikan sejumlah band lokal dan penyanyi dai ibukota Jakarta Ovi Sofianti (Duo Srigala) untuk menghibur para pengunjung.

Dinas Perhubungan Kota Medan dan Satlantas Polrestabes Medan pun harus melakukan rekayasa arus lalu lintas dan penutupan rus jalan di seputaran Lapangan Merdeka untuk mencegah terjadinya kemacetan. Namun kemacetan tak dapat terelakkan, sebab jumlah warga yang datang cukup banyak, terutama mendekati pukul 00.00 WIB.

Meski jumlah warga yang berkumpuldi seputaran Lapangan Merdeka cukup membludak namun perayaan malam pergantian tahun berjalan dengan lancar dan aman. Sepuluh menit jelang pukul 00.00 WIB, DR H Hasan Matsum MAG dari agama Islam didampingi perwakilan dari empat agama lainnya menyampaikan doa bersama agar Kota Medan senantiasa aman dn kondusif, serta dijauhkan dari segala macam bentuk bencana.

Usai pembacaan doa, Wali Kota bersama Kapoldasu beserta yang lainnya naik ke atas panggung untuk menyambut detik-detik datangnya tahun 2018. Wali Kota dan Kapoldasu bersama ribuan warga selanjutnya menghitung bersama hingga jarum jam tepat menunjukkan pukul 00.00 WIB disertai dengan penekanan tombol sirene dan diikuti pesta kembang api serta ucapan selamat tahun baru kepada seluruh warga.

Setelah itu Wali Kota dan Kapoldasu menyanyi bersama dengan Ovi Sofianti yang diikuti dengan jogetan ribuan warga. Meski kembang api sumbangn pihak ketiga telah habis namun warga tetap melanjutkannya dengan kembang api sendiri sehingg malam pergantian tahun berlangsung sangat meriah.

Mendekati pukul 01.00 WIB, satu persatu warga mulai meninggalkan Lapangan Merdeka. Namun kemacetan yang terjadi membuat warga tidak dapat leluasa meninggalkan kawasan lapangan bersejarah tersebut. Arus lalu lintas baru benar-benar lancar setelah jarum jam menunjukkan pukul 02.00 WIB. Bersamaan itu pun petugas kebersihan bekerja membersihkan Lapangan Merdeka dan sekitarnya dari sampah sisa warga.

Wali Kota Medan mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat kota Medan yang selama ini telah berpartisipasi dan bahu membahu dalam menjaga keamanan dan kenyamanan di Kota Medan. Berkat dukungan yang diberikan tersebut, ibukota Provinsi Sumatera Utara senantiasa aman dan kondusif meski warganya multicultural.

“Mari kita bersama-sama terus menjaga keamanan dan kekondusifan Kota Medan yang kita cintai ini. Dengn keamanan dan kekondusifan yang terjaga dengan baik ini, seluruh program pembangunan dapat dijalankan sehingga keinginan untuk menjadikan Kota Medan lebih baik ke depannya insya Allah dapat terwujud,” kata Wali Kota.

Di tahun 2018, Wali Kota mengatakan pembangunan masih terfokus pembenahan infrastruktur baik jalan maupun drainase. Atinya, jalan rusak dan drainase yang belum tersentuh perbaikan di tahun 2017 akan diterus perbaikannya di tahun 2018 guna memberikan rasa tenang dan nyaman bagi masyarakat.

Meski fokus infrastruktur tegas Wali Kota, Pemko Medan tetap menjalankan pembangunan di bidang lainnya seperti pendidikan, kesehatan, kebersihan, peningkatan ekonomi masyarakat serta pelayanan. “Semua ini dapat berjalan jika mendapat dukungan penuh seluruh lapisan mayarakat. Jadi mari kita bahu-membahu menjadi Medan sebagai kota yang multicultural, berdaya saing, humanis, sejahtera dan religius,” harapnya. (Silalahi)

STAY CONNECTED

804FansSuka
602PengikutMengikuti
88,094PelangganBerlangganan