Jatim Park 2

1045
BERBAGI

Jawa Timur Park 2 atau Jatim Park 2 adalah tempat wisata terbaru di kota Wisata Batu, Malang, Jawa Timur. Banyak pengunjung yang mengatakan bahwa berwisata ke Jawa Timur Park 2 serasa tidak sedang berwisata di Indonesia karena rangkaian bangunannya yang megah, mewah, rapih, bersih, modern dan lengkap seperti tempat wisata di negara barat.

Pertama, kita akan membahas tentang Museum Satwa. Lokasinya menjadi satu dengan Pohon Inn, sebuah penginapan dengan bentuk menyerupai batang pohon dan Batu Secret Zoo, sebuah kebun binatang modern. Ketiganya berdiri berjajar di satu Jatim Park 2.

Museum Satwa ini menyajikan satwa-satwa awetan dan fosil-fosil purba yang didatangkan dari berbagai Negara diseluruh benua, seperti benua Amerika, Afrika, Asia, Australia, Eropa, Artik, dan Antartika. Sesuai dengan tujuan didirikannya Jawa Timur Park 2 yaitu sebagai Lembaga Konservasi Ex-Situ Satwa Liar, maka seluruh satwa awetan yang ada di Museum Satwa kami peroleh tidak dengan sengaja diburu tetapi kami mengawetkan satwa yang telah mati.

Sejenak setelah masuk ke dalam museum, kita akan disambut dengan sangkar burung raksasa. Mau jadi “burung”nya? Silahkan saja masuk :)

Koleksi binatang yang diawetkan di Museum Satwa ini pun selalu mengundang decak kagum pengunjungnya. Bila biasanya di kebun binatang anak-anak melihat binatang dari kejauhan, di Museum Satwa anak-anak bisa melihat binatang dengan ukuran asli. Tidak sekedar ditampilkan ala kadarnya, tapi binatang-binatang ini ditata sedemikian rupa per ruangan hingga seperti membentuk sebuah cuplikan cerita.

Setelah puas melihat pose hewan-hewan darat, kita bisa melanjutkan ke ruang insecta. Semua koleksi Serangga disini diawetkan dengan begitu baik, bahkan sangat baik! Lihat saja, tidak satupun kaki-kaki rapuh serangga itu yang rusak, tidak juga ada sayap kupu-kupu yang koyak. Semuanya disusun dengan begitu indah dan rapi, juga lengkap! Wowww.. *speechless*.

Diruang lain, museum menyajikan rangka / fosil hewan. Terus terang saja, beberapa diantaranya bukan rangka atau fosil asli, tapi tetap saja memukau. Yang paling berkesan adalah rangka Paus Biru atau Blue Whale, yang merupakan Mamalia terbesar di muka bumi dan rangka ini adalah asli (bukan fosil buatan).

Masih dari ruangan yang sama, dipamerkan pula telur aneka burung, dari beberapa negara. Begitu unik! Koleksi telur beserta penjelasan lengkap seperti ini di Indonesia hanya bisa di ditemukan di Museum Satwa Jawa Timur Park 2.

Setelah puas di ruang fosil, kita akan masuk keruang aquarium. Ada beberapa ikan dan hewan laut yang diawetkan.

Disela-sela aquarium-aquarium ini, ada sebuah ruang yang diperuntukkan untuk anak-anak. Ruangan khusus ini bernama Ruang Khazanah Pengetahuan Satwa. Diruangan tersebut, disediakan banyak sekali patung-patung yang menampilkan organ dalam hewan, papan-papan interaksi berisikan pertanyaan mengenai hewan-hewan, film yang terus menyampaikan pengetahuan alam, dan juga beberapa petugas yang selalu siaga dan cekatan membantu anak-anak menikmati proses belajarnya.

Setelah puas menikmati semuanya, saat keluar dari ruangan, kita akan bertemu dengan awetan beruang asli dengan bulu yang halus sekali. Beruang ini digambarkan sedang memangsa singa laut, diatas gunung es. Penyusunan hewan-hewan ini dalam bentuk cuplikan meninggalkan kesan yang mendalam bagi para pengunjungnya terutama anak-anak.

Dan sepertinya pihak Museum Satwa memahami bahwa setelah asyik berkeliling menikmati koleksi museum pengunjung ingin beristirahat sejenak. Maka dibagian akhir dari ‘perjalanan’ mengelilingi museum, mereka menyediakan sebuah tempat beristirahat berupa warung desa (menjual minuman botol, tahu goreng, lumpia, risoles dan mie instan kemasan).

Disekitar warung, dipenuhi dengan aneka burung yang telah diawetkan

Dengan demikian, lengkaplah koleksi Museum Satwa! Ada hewan darat, laut, juga udara. BRAVO, Museum Satwa! Benar-benar 4 jempol untuk Museum Satwa!

O iya, setiap hari pukul 11.00 WIB pengunjung akan diberikan hiburan menarik berupa Ice Live Show yang merupakan perpaduan teknologi canggih antara video animasi layar lebar, laser warna warni, dengan boneka hewan robot yang mengisahkan tentang kehidupan hewan-hewan pada zaman es . Di akhir pertunjukan, anak-anak akan diajak untuk menari dan menyanyi bersama satwa disertai hujan gelembung salju yang dapat menambah keceriaan mereka.
Jadi, tempat ini benar-benar highly recommmended! Hanya dengan membayar tiket masuk (yang juga termasuk tiket masuk ke Batu Secret Zoo) seharga 60 ribu Rupiah untuk hari Senin hingga Jumat dan 75 ribu Rupiah untuk hari Sabtu dan Minggu (harga dicatat tahun 2012), pengunjung benar-benar tidak akan merasa rugi dan akan pulang dengan decak kagum tidak berkesudahan.

Mau beli oleh-oleh, mampirlah sejenak ke toko yang menjadi satu dengan bangunan di hotel Pohon Inn. Disana, tersedia aneka pilihan souvenir yang bisa kita beli untuk orang-orang terkasih :)

So? Haha, ayo.. mari ke Museum Satwa! Apalagi sepertinya koleksi satwanya masih terus (akan) ditambah.

Foto & sumber tulisan: www.LaurentiaDewi.com