154 personel amankan proses pelaksanaan PRPrG

599
BERBAGI

TELUKDALAM, NBC —Untuk mengawal dan mengamankan proses pelaksanaan Pertemuan Raya Perempuan Gereja (PRPrG) Pra-Sidang Raya XVI Persekutuan Gereja-gerja Indonesia (PGI) yang akan dilaksanakan di Telukdalam mulai 5 November hingga 8 November 2014, kepolisian Resor Nias Selatan menerjunkan 154 personel.

Demikian disampaikan Wakil Kepala Kepolisian Resor (Polres) Nias Selatan Komisaris Polisi Salati Zalukhu kepada NBC di ruang kerjanya Jalan Pancasila, Kelurahan Pasar, Kecamatan Telukdalam, Kabupaten Nias Selatan, Senin (3/11/2014). “Untuk mengamankan proses pelaksanaan PRPrG, kami menugaskan 154 personel,” ujar Salati.

Menurut dia, ke-154 personel kepolisian tersebut akan bekerja sama dengan Dinas Perhubungan Nias Selatan dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Nias Selatan, ditugaskan mengamankan rute yang akan dilalui peserta PRPrG dan juga di lokasi pembukaan ataupun di tempat pelaksaan sidang PRPrG mulai 1 November hingga 10 November 2014. Pihaknya akan melibatkan personel Koramil Telukdalam untuk mengamankan kegiatan ini.

Selain itu, Salati memberitahukan, pihaknya akan melakukan pengamanan tertutup dan terbuka dengan menugaskan beberapa personel intelijen di beberapa titik yang diduga rawan. Dia mengimbau agar masyarakat dapat menjaga ketertiban dan keamanan sehingga kegiatan PRPrG dapat berjalan lancar.

“Selain itu personel TNI Koramil Telukdalam juga dilibatkan. Petugas kami akan mengamankan rute yang akan dilalui peserta PRPrG dan lokasi pembukaan dan pelaksanaan PRPrG. Kami akan melakukan pengamanan secara tertutup dan terbuka. Beberapa intelijen kami akan ditugaskan di beberapa titik yang dinilai akan berpotensi rawan,” ujarnya.

Seperti diketahui, pelaksanaan PRPG dilaksanakan pada 5-8 November 2014 di Kantor Pusat ONKP, Desa Tugala, Kecamatan Sirombu, Nias Barat; Adapun Pertemuan Raya Perempuan Gereja (PRPrG), 4-8 November 2014, digelar di Lapangan Orurusa, Telukdalam, Nias Selatan; Sidang MPL PGI, 9-10 November 2014 di Hilimaziaya, Lotu, Nias Utara. Sementara Pelaksanaan Sidang Raya XVI PGI di Kota Gunungsitoli digelar di Aula STT Sundermann pada 10-17 November 2014.