Seputar Rencana Kegitan PRPG PGI di Nias, Sumatera Utara

524
BERBAGI

PGI – Jakarta. Mengawali kegiatan Sidang Raya XVI PGI, dilangsungkan Pertemuan Raya Pemuda Gereja (PRPG) yang akan berlangsung di Sirombu, Nias Barat, pada 4-8 November 2014.

Sekitar 500 orang yang merupakan perwakilan dari utusan gereja, PGIW/SAG, observasi gereja anggota, mitra dari dalam dan luar negeri, tim kerja, undangan PGI dan organisasi pemuda, bakal hadir dalam kegiatan tersebut.

Sekretaris Eksekutif Departemen Pemuda dan Remaja (DEPERA) PGI, Franki Tampubolon menjelaskan, PRPG adalah sebuah wahana bagi perjumpaan kaum muda gereja di Indonesia dalam merayakan gerakan oikoumene. Dalam perayaan tersebut terkandung muatan persekutuan oikoumenis, sebagai ajang pemuda berbagi pengalaman, pengetahuan, pergumulan dan keyakinannya dalam kehidupan di gereja, masyarakat dan bangsa. Karena itu sebagai wadah dalam merayakan gerakan oikoumene maka sudah seharusnya wujud persatuan dalam tubuh Kristus akan terjadi dalam perjumpaan yang bersejarah bagi kaum muda mulai dari Sabang sampai Merauke.

Dijelaskan pula, PRPG kali ini bertujuan untuk menyamakan pemikiran mengenai permasalahan pelayanan pemuda Gereja, menyamakan dan menstudikan visi dan misi dan pengorganisasian pelayanan pemuda Gereja masa kini, Mencari format dan model-model pelayanan pemuda Gereja yang kreatif agar mampu menjawab tantangan masa kini, Sebagai wahana berbagi gagasan dan informasi aktifitas pelayanan dari berbagai tempat di tanah air Indonesia serta sebagai wahana memantapkan pengalaman oikoumene.

PRPG akan diisi berbagai kegiatan seperti penelaahan Alkitab, study meeting terkait refleksi tema dan subtema yang disampaikan oleh Pdt. Dr. A. A Yewangoe, revitalisasi Gerakan Oikoumene yang disampaikan Pdt. Gomar Gultom dan Maruarar Sirait, serta Mewujudkan Indonesia yang Dicita-citakan dengan nara sumber Menpora, Gubernur Sumut dan Bupati Nias Barat, juga sharing pemuda, Sinode/PGIW/SAG terkait tema Tanggung Jawab Sosial dan Hubungan Antaragama, Kemiskinan, Ketidakadilan/HAM, Radikalisme, dan Kerusakan Lingkungan.

Selain itu, bussines meeting dilaksanakan yang memuat paparan laporan DEPERA PGI dari Sumarorong ke Sirombu, serta pemilihan perwakilan pemuda dalam struktur MPH PGI, Mitra Pemuda MPL PGI serta nominasi Sekretaris Eksekutif DEPERA PGI. (Markus Saragih)