DPRD Sumut Akan Pidanakan PT Gruti, Jika Terus Tebang Hutan di Nias

860
BERBAGI

Medan, Sumawa.com : Demi terjaganya kelestaran hutan di nias maka DPRD Sumut mengeluarkan sebuah rekomenadasi kepada pihak terkait agar jangan melakukan penebangan hutan dan jika terjadi penebangan hutan harus sesuai dengan aturan dan rekomendasi yang dikeluarkan Komisi A DPRD Sumut. Jika Dinas Kehutanan (Dishut) Provinsi Sumut, mengeluarkan dan melanjutkan Rencana Kerja Tahunan (RKT) PT Gruti dan PT TN (Teluk Nauli), yang sudah beroperasi puluhan tahun menebangi hasil-hasil hutan di Kecamatan Pulau Tello Timur dan Kecamatan Hibala Kabupaten Nisel (Nias Selatan), maka oleh DPRD Sumut akan mempidanakan Kepala Dishutsu. Sebab, hasil rekomendasi dewan telah memutuskan untuk menunda RKT kedua perusahaan tersebut.
Demikian dikatakan Anggota DPRD Sumut Januari Siregar via HP Jum’at (13/1). Dikatakannya,
Kalangan Anggota Komisi A DPRD Sumut mengancam akan mempidanakan siapa saja pihak khususnya Kepala
“Jadi ada hasil rapat dengar pendapat Komisi A dengan Dishutsu dan Dishut Nisel dipimpin Ketua Komisi A Toni Togatorop, SH telah menghasilkan rekomendasi penyetopan RKT kedua perusahaan pemegang HPH (Hak penguasaan hutan) di Kepulauan Nisel. Dalam rapat Komisi A DPRD Sumut dengan Dishutsu dan Dishut Nisel telah sepakat dikeluarkan rekomendasi kepada Pempropsu Cq Dishutsu untuk menghentikan RKT PT TN dan PT G di Nisel, sebelum kedua perusahaan ini memenuhi hak-haknya terhadap masyarakat, baik mengenai dampak lingkungan hidup, kesejahteraan masyarakat maupun syarat-syarat penebangan hutan,� kata dia.
Dalam rekomendasi itu Komisi A secara tegas mengistruksikan, agar perusahaan dalam operasionalnya harus melakukan tebang pilih bukan tebang habis, serta tidak sembarangan mengeksploitasi golongan kayu, harus berdia meter 45� 0 Cm, penebangan dilakukan pada ketinggian 120 Cm dari akar. Selain itu juga tidak dibenarkan melakukan penebangan pada kemiringan 45 derajat, guna mencegah erosi dan dilarang keras melakukan penebangan hutan di pinggiran pantai dengan radius 100 meter. Sw 04