Nusron Wahid ; 80 % permasalahan TKI ada di hulu

563
BERBAGI

Jakarta – Kepala BNP2TKI Nusron Wahid belum genap 6 bulan memimpin lembaga yang mengurusi soal TKI tersebut. Menurut Nusron, 80 persen permasalahan TKI ada di hulu.

“Sebanyak 80 persen masalah ada di hulu,” kata Nusron dalam diskusi ‘Elegi untuk TKI’ di DoubleTree, Jl Cikini Raya, Jakarta Pusat, Sabtu (18/4/2015).

Menurut Nusron, mayoritas TKI yang diberangkatkan adalah mereka yang belum siap. Mereka yang tidak dibekali dengan kemampuan yang cukup.

“Teman-teman yang dikirim jadi TKI itu belum siap. Biasanya terjadi asimetrik informasi antara majikan dan TKI,” ujar Nusron.

Asimetrik informasi selanjutnya bisa menimbulkan asimetrik ekspektation. Di mana majikan mengharapkan TKI bekerja dengan produktif, sedangkan TKI mengharapkan diberi gaji yang tinggi.

Nusron menyatakan, sejak ia menjabat sebagai Kepala BNP2TKI belum diberlakukan adanya pengawasan terpadu terkait TKI yang diberangkatkan. “Misal PT Yusri kirim orang, nah itu pengawasnya tidak jelas,” jelasnya.

“TKI kita juga kalau mau berangkat tidak ada psikotes dulu. BNP2TKI tidak berwenang untuk memerintahkan itu. Itu diatur dalam UU. Kalau ada regulasinya kita siap melaksanakan,” tutur Nusron. (Sumber : Detik)