Dispendik Mulai Buka PPDB Surabaya Melalui Jalur Prestasi

826
BERBAGI

Surabaya,Sumawa.com
Dinas Pendidikan Kota (Dispendik) Surabaya mulai membuka pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2015 pada Jalur Khusus, Senin (22/06). Pendaftaran pada Jalur Khusus tersebut meliputi jalur prestasi baik akademis, non akademis, maupun olahraga.

Kepala Bidang Kesenian, Olahraga dan PLS Drs. Dakah Wahyudi, mengungkapkan pendaftaran jalur prestasi olahraga yang diterima oleh Dispendik yakni, prestasi pada POR SD, POPDA, dan O2SN di luar itu pendaftaran secara offline tersebut dilakukan KONI. Tidak hanya itu, verifikasi dan pendaftaran pada jalur khusus tersebut dilakukan mulai 22-26 Juni sedangkan pengumuman pada Jalur Khusus tersebut dilakukan pada 27 Juni melalui website PPDB Surabaya dan sekolah-sekolah.

Ketua PPDB Surabaya Ir. Yusuf Masruh, MM mengemukakan PPDB Surabaya 2015 terdapat tiga jalur, yakni Jalur Khusus, Jalur Kawasan, dan Jalur Reguler. Adapun yang dimaksud dengan Jalur khusus yaitu jalur yang diperuntukkan bagi siswa berprestasi baik prestasi akademik maupun non akademik, mitra warga, serta inklusif.

Khusus pendaftaran prestasi bidang akademis dan non akademis dilakukan pada kantor Dinas Pendidikan Kota (Dispendik) Surabaya. Untuk jalur prestasi olahraga pendaftaran melalui KONI. KONI kemudian diverifikasi oleh Dispora, sedangkan penempatan anak nantinya ditentukan oleh Dispendik hal tersebut mengacu pada indikator nilai UN untuk SMP dan nilai US untuk SD, tempat tinggal, serta tempat latihan.

Sementara itu, Jordan Eza atlit bola voli yang menjuarai O2SN tingkat provinsi 2014 lalu berupaya mendaftarkan dirinya pada salah satu SMA negeri di wilayah kec. Wonocolo, menurutnya walaupun ia lulusan SMPN 2 Klakah Lumajang namun masih memiliki kesempatan bersekolah di Surabaya karena telah memiliki KK Surabaya sebelum bulan Desember 2014.

Jordan mengatakan, ia sangat berharap masuk ke SMAN tersebut karena banyak teman yang ada di sana.

Sesuai dengan ketentuan juknis PPDB bahwa siswa yang memiliki prestasi juara I, II, dan III baik itu, O2SN, POPDA dan POPDA tingkat provinsi memiliki kesempatan mengikuti PPDB Jalur Khusus, dan paling lambat memiliki KK Surabaya sebelum bulan Desember 2014.

Pendaftaran PPDB jalur prestasi tersebut menempati ruang Dewan Pendidikan Surabaya kantor Dispendik, suasana juga terlihat ramai di berbagai sudut aula kantor Dispendik. Sekretaris Dispendik Drs. Aston Tambunan, M. Si menjelaskan dalam rangka mensukseskan pelaksanaan PPDB di Surabaya Dispendik akan berupaya optimal melayani warga masyarakat yang membutuhkan informasi terutama terkait PPDB.

Aston menambahkan, pihaknya telah membuka pelayanan PPDB melalui Pelayanan Satu Atap Dispendik dan untuk mutasi siswa menggunakan aula belakang.(rhy)