PT Angkasa Pura II Bandara Soekarno Hatta akan memindahkan dua patung Proklamator ke Terminal 3

537
BERBAGI

Jakarta – Patung Soekarno, yang selama ini berdampingan dengan Mohammad Hatta di pintu masuk Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, mulai dipindahkan. PT Angkasa Pura II selaku pengelola Bandara Soekarno Hatta akan memindahkan dua patung Proklamator itu ke lokasi yang dianggap lebih strategis, yaitu di bundaran menuju Terminal 3, agar dapat terlihat dari segala arah.

Sabtu pagi, 9 Januari 2016, pukul 04.00 WIB, Soekarno sudah berada di bundaran terminal 3. Kepalanya dibungkus kain putih. Terpal biru membungkus tubuhnya. Di perut dan pahanya melilit rafia warna serupa. Hatta masih berada di tempat semula dan akan mulai dipindahkan malam ini, untuk disandingkan kembali dengan Soekarno.

Berdasarkan pantauan, lokasi bundaran di Terminal 3 saat ini masih dalam tahap pemasangan kerangka besi untuk tempat berdirinya dua patung itu. Di sekeliling bundaran terpasang banner yang menutupi pembangunan proyek tersebut.

Agus, salah satu pekerja mengatakan, kedua patung itu akan dipasang saat besi penyangganya rampung. “Tunggu nanti itu (penyangga) selesai,” katanya di lokasi, Sabtu, 9 Januari 2016.

Pemindahan patung ini merupakan bagian dari proyek pengembangan bandara. Nantinya, patung diletakkan tepat di tengah, berdiri di atas balok-balok setinggi sekitar 10 meter dan dikelilingi air mancur.(Sumber: Tempo)