Ade temukan jenglot, keris dan sejumlah benda lain di belakang rumahnya

463
BERBAGI

Medan – Warga di Jalan Gugus Depan, Kelurahan Berngam, Kecamatan Binjai Kota, Bonjai, Sumut mendadak heboh. Salah seorang warga, M Azhari (48) menemukan jenglot, keris dan sejumlah benda lain di belakang rumahnya.

Pria yang akrab disapa Ade ini mengisahkan awal mula penemuan sejumlah barang yang tak biasa itu. Sekitar 8 bulan yang lalu, sore hari, Ade berjalan di kebun sawit miliknya dengan luas satu hektare di sekitaran rumahnya. Ketika itu dia dikejutkan dengan adanya sepasang jenglot di atas permukaan tanah. Ia pun membawa jenglot itu kerumahnya dan diletakkan di dalam kaca.

“Jadi, sebelumnya itu, saya ketemu ular besar. Lalu ular itu menghampiri saya, saya pun mundur namun didatangi lagi. Sewaktu itu, ada bambu dan saya arahin bambu itu ke ular tersebut dan berhenti. Lalu saya tinggalkan lah,” kata Ade , Kamis (4/2/2016).

Sebulan dari penemuan jenglot itu, Ade menemukan pecahan piring bermotif naga. Penemuan ini juga tak jauh dari belakang rumahnya.

“Awalnya itu, saya mendengar adanya ledakan seperti suara mercon. Ketika saya lihat, rupanya ada piring pecah. Ya saya kumpulkan lalu saya simpan,” ungkapnya.

Setelah tiga bulan dari penemuan piring tersebut, Ade kembali menemukan sebuah mangkok. Penemuan ini tak jauh dari lokasi sekitaran rumahnya. “Waktu itu, saya heran, kok ada mangkok bersih. Ya saya simpan lah,” ungkap Ade.

Tiga bulan kemudian, Ade menemukan rompi yang bermotifkan tulisan Arab. Beda dengan penemuan sebelumnya, rompi tersebut ditemukan Ade di dalam kamarnya. “Pas bangun pagi, saya tiba-tiba nemu rompi itu didalam kamar saya. Ya saya simpan saja lah,” katanya.

Tak lama menemukan rompi itu, tiga minggu kemudian, Ade tiba-tiba juga menemukan sepasang Burung Balam putih di dalam kamarnya. Ketika itu, Ade melihat burung itu seperti linglung.

“Saya lihat, di lehernya itu seperti bulu emas gitu. Kebetulan ada kandang burung, ya saya letakkan didalam kandang,” ucap Ade.

Pada Senin (25/1/2016), Ade yang sedang berjalan di kebun sawit dibelakang rumahnya dikejutkan dengan adanya keris. Keris itu dengan panjang mencapai 170 centimeter dengan sarungnya. “Keris itu ada 17 lekukan,” akunya.

Ade yang mengetahui hal itu lalu menyimpannya di dalam rumah. Berselang beberapa hari, seng rumah Ade seperti ada yang melempar. Ia pun mengecek keluar pada saat itu.

“Ternyata tak ada apa-apa. Pas kembali, saya menemukan guci dan keris. Keris itu dengan panjang mencapai 167 centimeter dengan sarung. Namun, keris yang saya temukan kedua ini belum dihitung lekukannya,” ucap Ade.

Ade yang menemukan benda-benda itu pun disimpannya. Ia memberitahukan kepada keluarganya. Setelah menemukan benda-benda tersebut, Ade mengaku tak ada yang merasa aneh. “Ya, seperti biasa aja,” katanya.

Belum bisa dipastikan apakah benda yang ditemukan Ade itu benda bersejarah atau benda yang dibuat sekarang ini. Belum ada instansi terkait melakukan penelitian. Pastinya apa yang terjadi dengan Ade menjadi perbincangan masyarakat di Binjai. (Sumber : Detik.com)