Daud Yordan, kemenangan ke 35 di kelas ringan (61-2) WBO Asia Pasifik dan Afrika

580
BERBAGI

Jakarta – Petinju Indonesia Daud “Cino” Yordan berhasil mempertahankan gelar juara kelas ringan (61-2) WBO Asia Pasifik dan Afrika. Gelar ini dipertahankan Daud usai mengalahkan penantangnya Yoshitaka Kato dalam duel 9 ronde yang digelar di Balai Sarbini, Jumat (5/2) malam.

Ketiga juri memberikan kemenangan buat Daud (88-84, 97-84, 88-83). Ini menjadi kemenangan ke-35 yang dikemas petinju kelahiran 10 Juni 1987 itu.

Duel keduanya sebenarnya direncanakan akan dimainkan selama 12 ronde. Namun wasit menghentikan duel di ronde kesembilan karena ada insiden darah yang mengucur dari pelipis mata kiri Daud.

Daud mempersembahkan kemenangan ini untuk anaknya yang sedang berulang tahun.

“Kemenangan ini spesial untuk anak saya yang berulang tahun. Mudah-mudahan panjang umur,” ujar Daud usai duel.

Meski menang, Daud menyayangkan duel berakhir lebih cepat.

“Postur lawan pendek kemungkinan benturan sudah diperkirakan. Saya yakin di akhir ronde bisa memenangkan duel tapi karena benturan inilah hasilnya. Tapi kita bersyukur bendera Merah Putih tetap berkibar,” lanjut Daud.

Meski sama-sama memiliki gaya bertinju fighter, namun duel keduanya kurang berlangsung agresif. Di tiga ronde pertama, kedua petinju bermain dengan hati-hati. Baru di ronde keempat mulai terjadi jual beli pukulan.

Ketika duel mulai berlangsung panas dan greget, wasit harus menghentikan duel di ronde ke sembilan. Penyebabnya, luka di pelipis mata kiri Daud yang mengeluarkan darah. Tayangan ulang memperlihatkan luka itu didapat Daud setelah terbentur kepala Kato.

Sebelumnya Daud merebut sabuk juara kelas ringan WBO Afrika usai menang angka atas Maxwell Awuku (Ghana), Juni 2015, di Surabaya. Daud juga merebut sabuk juara interim (sementara) kelas ringan WBO Asia-Pasifik setelah menang TKO atas petinju Filipina, Ronald Alvarez Pontillas, Desember 2014, di Pontianak, Kalimantan Barat. Daud sementara ini berada di peringkat keempat dunia kelas ringan WBO.(Sumber : BeritaSatu)