Serahkan Bantuan Pertanian Untuk Humbahas Gubernur: Selalu Ada Waktu Untuk Petani DOLOK SANGGUL-Gubernur Serahkan Bantuan Pertanian untuk Humbahas

173
BERBAGI

DOLOK SANGGUL- SUMAWA.COM
Gubernur Sumatera Utara (Sumut) HT Erry Nuradi menyampaikan bahwa dirinya selalu menyediakan waktu untuk hadir bersama para petani/kelompok tani, penyuluh dan Babinsa untuk memberikan semangat dan motivasi. Hal tersebut agar program pertanian terpadu bisa berhasil.

Hal itu disampaikan Gubernur pada penyerahan bantuan benih padi, jagung dan alsintan dalam rangka percepatan tanam periode APSEP 2017 untuk mewujudkan swasembada pangan, yang merupakan rangkaian kegiatan peringatan HUT ke-14 Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Sabtu (29/7).
“Kehadiran kami ini memberikan bantuan lebih kurang Rp12 Miliar untuk bidang pertanian, ujar Gubernur.
Bantuan yang diberikan untuk sektor utama di Humbahas tersebut, dinilai penting dan strategis dalam membersihkan program swasembada pangan berkelanjutan khususnya tanaman pangan di Sumut. Disebutkannya bahwa kabupaten yang mekar dari Tapanuli Utara 14 tahun silam itu, berkontribusi terhadap pencapaian produksi beras di Sumut mencapai 3persen.
“Saya berharap ke depan mampu ditingkatkan minimal menjadi 5 atau 6 persen. Begitu juga dilaporkan pencapaian realisasi Tanam musim Oktober 2016-Maret 2017 mencapai 97,52 persen dari target tanam,” kata Gubernur yang berharap agar periode April-September 2017 di Humbahas seluas 12ribu Hektar dapat terealisasi.

Erry pun mengapresiasi Pemkab Humbahas dan jajaran sampai kepada penyuluh, POPT-PHP dan PBT atas kerja keras memberhasilkan pencapaian luas tambah tanam padi, jagung dan kedelai di Sumut. Apalagi kabupaten ini memiliki potensi di sektor pertanian, yang merupakan 18 besar penghasil padi dan 4 besar penghasil produk hortikultura se-provinsi.

Sementara Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor berterimakasih kepada pemerintah provinsi yang serius mendukung potensi pertanian di daerahnya, sekaligus sebagai rangsangan untuk terus mengembangkan sektor wisata yang menjadi satu dari tujuh daerah se-kawasan Danau Toba.

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Sumut Azhar Harahap menyampaikan bahwa bantuan yang diberikan secara simbolis oleh Gubernur Sumut HT Erry Nuradi berupa benih padi hibrida 25 ton, jagung hibrida 165 ton, sarana pengolahan pupuk organik 3 unit, combine harvester besar 2 unit, corn sheller 2 unit.
Sementara untuk bawang merah sebanyak 30 ton, alpokat 600 ton, pembangunan embung pertanian 3 unit, traktor roda dua 17 unit, pompa air 10 unit, rice transplanter 3 unit, cultivator 1 unit dan hand sprayer 17 unit. Sehingga total bantuan sebesar Rp12,6 Miliar. (Silalahi)