Evi Diana Buka Pelatihan Peningkatan Mutu dan Diversifikasi Keramik Gerabah di Tanjung Morawa

69
BERBAGI

MEDAN – SUMAWA
Ketua Dekranasda Provinsi Sumatera Utara Evi Diana Erry Nuradi membuka secara resmi pelatihan peningkatan mutu dan diversifikasi produk keramik gerabah di Pusat Kerajinan Gerabah di Desa Wonosari Kecamatanan Tanjung Morawa Kabupaten Deliserdang. Melalui pelatihan yang digelar sejak 30 Oktober hingga 2 November 2017 Evi Diana mengharapkan dapat membuka wawasan para peserta agar lebih kreatif, inovatif dan berkualitas serta hasil produksnya bernilai jual tinggi.

“Produk yang bernilai tinggi tentu akan meningkatkan pendapatan masyarakat dan menjadi masyarakat sejahtera menuju Sumut Paten,”ujar Evi Diana saat membuka pelatihan.

Lebih lanjut dikatakan Evi Diana Tim Pengembangan Produk Unggulan kerajinan Daerah dan ekonomi kreatif Prov Sumut berupaya memfasilitasi para masyarakat melalui pelatihan-pelatihan seperti yang dilaksanakan pada hari ini. Hal ini mengingat kerjainan merupakan seni warisan budaya bangsa dari berbagai daerah di Indonesia yang sampai saat ini masih diminati oleh masyarakat. Salah satu cabang seni budaya yang tumbuh dan berkembang secara kreatif dan dinamis adalah seni kriya atau seni kerajinan. Produk seni kerajinan ini, lanjut Evi Diana dalam perjalanannya telah telah berperan secara nyata dalam meningkatkan pertumbuhan perekonomian rakyat sekaligus meningkatkan kesejahteraan rakyat secara luas sesuai yang diamanatkan dalam Nawacita.

Mengingat perannya yang penting dan strategis, serta potensinya yang sangat besar maka seni kerajinan ini perlu digali, dilestarikan, dibina dan didorong pertumbuhan serta perkembangannya. Oleh sebab itu kedudukan sektor kerajinan sangat penting dan strategis untuk kemajuan ekonomi rakyat. Sehingga pemerintah melalui berbagai kebijakan memberikan keperdulian terhadap industri kecil dan menengah (IKM) dan Kerajinan.

“Kepada Instruktur saya sampaikan terimakasih atas kesediannya memberikan ilmu yang berharga kepada peserta. Semoga kerjasama yang baik ini dapat berkelanjutan dikemudian hari. Mudah-mudahan pelatihan ini dapat berlangsung dengan lancar dan dapat memperoleh hasil yang maksimal sehingga tujuan pelatihan ini memajukan dan mensejahterakan perajin dapat tercapai,”pungkasnya.

Sementara itu Wakil Ketua Dekranasda Kabupaten Deliserdang, Herawati Zein saat membacakan sambutan Ketua Dekranasda Deliserdang Yunita Ashari Tambunan menyampaikan bahwa pihaknya akan terus memberikan dukungan dan perhatiannya terhadap kemajuan industri kecil dan kerajinan agar dapat bersaing ditingkat lokal, nasional maupun Internasional. Salah satu upaya yang dilakukan memberikan pelatihan, penyediaan mesin dan peralatan guna peningkatan teknologi produksi serta membantu mengupayakan pemasaran produk dengan melakukan pameran-pameran yang bergensi baik ditingkat lokal maupun nasional.

“Pada kesempatan ini saya mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya keapda Ibu Ketua Dekranasda Provinsi Sumatera Utara yang menempatkan kegiatan pelatihan produk industri kreatif kepada para pengrajin industri gerabah di kabupaten Deliserdang. Sehingga diharapkan akan terjadi peningkatan mutu dan pangsa pasar produk industri gerabah yang ada di Kabupaten Deliserdang. kepada peserta pelatihan saya berharap agar bersungguh-sungguh dalam mengikuti pelatihan ini agar ilmu yang diterima selama berlangsungnya pelatihan dapat meningkatkan kreatifitas serta inovasi produk yang dihasilkan,”ujarnya.(silalahi).