Dinas PU Beton Jalan Budi Pembangunan

76
BERBAGI

Medan – Sumawa

Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota memperbaiki Jalan Budi Pembangunan, Kelurahan Pulo Brayan Kota, Kecamatan Medan Barat, Rabu (29/11) malam. Perbaikan jalan yang rusak itu dilakukan dengan pembetonan. Diharapakan, aktifitas warga kembali berjalan dengan lancar menyusul pembetonan yang dilakukan dan hasilnya bisa lebih tahan lama.

Proses pembetonan berjalan lancar, puluhan pekerja diturunkan untuk mempercepat proses pembetonan jalan. Apalagi pengerjaan dilakukan menjelang tengah malam sehingga tidak mengganggu kelancaran arus lalu lintas, sebab intensitas kenderaan yang melintasi kawasan itu sudah jauh berkurang.

Pembetonan yang dilakukan ini merupakan lanjutan dari pembetonan sebelumnya. Sebab, proses pembetonan jalan dilakukan dua sesi, dimana sesi pertama telah rampung dan sudah dipergunakan masyarakat pengguna jalan untuk melintas. Guna merampungkan perbaikan jalan, malam itu Dinas PU kembali melakukan pembetonan agar seluruh ruas jalan dapat dipergunakan sepenuhnya.

Lurah Pulo Brayan Kota Heri Susilo pun mengawasi langsung proses pembetonan jalan yang dilakukan. Dia ingin pembetonan jalan maksimal sehingga hasilnya dapat dirasakan manfaat sekitar. Selama ini perbaikan jalan rusak dilakukan dengan pengaspalan (hotmix) namun tidak bertahan lama, selain intensitas kenderaan cukup padat, kenderaan yang melintas juga melebihi tonase.

“Kita harapkan dengan pembetonan yang dilakukan ini, hasilnya bisa tahan lama sehingga mendukung kelancaran aktifitas warga. Oleh karenanya warga sangat mengapresiasi dilakukannya pembetonan ini,” kata Heri.

Sejumlah mobil molen pun tampak hilir mudik untuk menuangkan coran di ruas jalan yang belum dicor. Setelah itu para pekerja meratakan coran sesuai dengan ketinggian jalan yang telah dibeton sebelumnya. Usai dilakukan pembetonan, beberapa pekerja pun membuat tanda agar jalan yang baru dicor itu tidak dilintasi.

Kadis PU Kota Medan Khairul Syahnan menjelaskan, pembetonan ini merupakan rangkaian dari perbaikan jalan rusak yang dilakukan selama ini. Dengan perbaikan yang dilakukan siang dan malam, satu persatu jalan rusak di Kota Medan dapat diatasi. Sedangkan bagi jalan rusak yang belum tersentuk perbaikan sampai saat ini, Syahnan memastikan akan memperbaikinya.

“Mengingat anggaran kita tahun ini tidak mencukupi, perbaikannya akan kita lakukan tahun depan. Sebab, Bapak Wali kota sudah menegaskan kepada kita untuk memperbaiki seluruh jalan kota yang rusak di Kota Medan. Untuk itu kita harapkan pengertian dan kesabaran masyarakat,” ujar Syahnan.

Selanjutnya Syahnan pun menyampaikan permintaan maaf menyusul terganggunya kelancaran arus lalu lintas akibat perbaikan jalan yang dilakukan. Dikatakannya, pihaknya berupaya meminimalisr terganggunya kenyamanan masyarakat pengguna jalan. Itu sebabnya perbaikan jalan saat ini sering dilakukan menjelang tengah malam karena aktifitas warga sudah jauh berkurang. “Atas ketidaknyamanan ini, saya minta maaf,” ungkapnya. (Silalahi)