IWO Harus Menyajikan Berita yang Failed

162
BERBAGI

DABO SINGKEP – SUMAWA
Ketua Umum IWO, Jodhi Yudono mengatakan, IWO adalah organisasi wartawan yang serba terbuka dalam menyampaikan berita.

Wartawan yang tergabung dalam organisasi IWO harus menyajikan berita sesuai data yang valid, tidak boleh mengurangi atau menambah data,”

Hal tersebut di ungkapkan Ketua Umum IWO Jodhi Yudoyono ketika melantik Kepengurusan Ikatan Wartawan Online (IWO) Kabupaten Lingga, periode 2017-2022 di Gedung Nasional, Dabo Singkep, Kabupaten Lingga, Provinsi Kepulauan Riau, Minggu (17/12/2017) malam.

Dalam Pelantikan IWO Kabupaten Lingga tersebut bertemakan “Menjadikan wartawan online yang profesional, berkompeten, sejahtera, jujur dan anti Hoax” ini turut dihadiri oleh Plt. Sekda Kabupaten Lingga, pengurus IWO Kepri, Kejaksaan Lingga, Wakapolres Lingga, KNPI Lingga, serta undangan FKPD lainnya.

Jodhi Yudoyono berharap, dengan hadirnya IWO bisa mengembalikan kepercayaan masyarakat terhadap media. Menurutnya, zaman sekarang ini semakin banyak oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab sengaja menyebarkan informasi yang belum jelas kebenarannya.

“Tugas kita sebagai wartawan online adalah untuk memeriksa kebenaran berita itu. Kita berperan meluruskan segala informasi yang belum jelas datanya,” jelasnya.

Ketua IWO Lingga, Mardian mengatakan, ke depannya IWO Lingga bertugas untuk mendampingi pemerintah membangun Kabupaten Lingga.

“Di sinilah kami memulai peran mendampingi pemerintah daerah untuk memajukan Kabupaten Lingga dan masyarakat luas tahu apa saja program Pemerintah Daerah Lingga,” ujarnya.

Plt. Sekda Kabupaten Lingga, Djunaidi Azam mengatakan, dahsyatnya teknologi informasi memberikan perubahan yang sangat pesat dalam kehidupan manusia. Namun kata dia, perubahan tersebut tidak hanya positif tapi negatif.

“IWO Lingga berperan penting memerangi berita-berita Hoax. Saya berharap jangan ada berita-berita Hoax di Kabupaten Lingga,” ucapnya.

Ia berharap wartawan yang tergabung dalam IWO membantu pemerintah mempromosikan pariwisata Kabupaten Lingga.

“Besar harapan kami wartawan media online khususnya yang tergabung dalam IWO memberitakan potensi wisata Kabupaten Lingga,” tutupnya. (silalahi).