Pisah Sambut Pangkosek Hanudnas III Medan, Pj Gubsu: Saya dengan Pak Tri Bowo Sama

27
BERBAGI

DAN – SUMAWA

Penjabat Gubernur Sumatera Utara (Pj Gubsu) Drs Eko Subowo MBA mengatakan dirinya dengan Pangkosek Hanudnas III Medan Marsekal Pertama TNI Ir Tri Bowo Budi Santoso MM Tr (Han) bertukar tempat bertugas. Sebelum menjadi Pj Gubsu, Eko Subowo pernah menjadi Penjabat Gubernur Papua Barat pada tahun 2017.  Sementara itu, Tri Bowo Santoso pindah tugas dari Medan ke Papua.

“Jadi, saya dengan Pak Tri Bowo sama. Bertukar tempat tugas,” ujar Pj Gubsu Eko Subowo pada acara pisah sambut Pangkosek Hanudnas III Medan Marsekal Pertama TNI Ir Tri Bowo Budi Santoso MM Tr (Han) kepada Kolonel Pnb Djohn Amarul di Rumah Dinas Gubernur Sumatera Utara, Medan, Jumat (13/7) malam.

Eko mengatakan, dulu pada saat Pilkada serentak 2017 Papua Barat adalah daerah rawan I, dan pada 2018 Sumatera Utara (Sumut) adalah daerah rawan II. “Sekarang bapak (Tri Bowo) adalah daerah rawan I,” ujarnya.

Pemprovsu dan seluruh masyarakat Sumut mengapresiasi bakti darma Tri Bowo. “Terima kasih sumbangsih yang telah diberikan selama menjabat Pangkosek Hanudnas kepada Pemda maupun masyarakat Sumut,” ujarnya.

Eko juga mengucapkan selamat datang kepada Pangkosek Hanudnas III Medan yang baru Djohn Amarul. Ia berharap kehadiran Pangkosek yang baru dapat meningkatkan koordinasi antar Forkompimda.

“Saya yakin sebagai generasi muda, Djhon Amarul bisa melanjutkan apa yang dirintis oleh pendahulunya, bahkan meningkatkannya, semoga hari esok adalah hari yang lebih baik. Mudah-mudahan bapak Djohn Amarul nanti kerasan di Medan, kepada semua komponen masyarakat bisa memberikan dukungan kepadanya,” katanya.

Pangkosek Hanudnas III Medan Marsekal Pertama TNI Ir Tri Bowo Budi Santoso MM Tr (Han) mengatakan sangat betah selama bertugas di Sumut. “Kami orang Jakarta biasanya melihat orang Sumatera Utara itu bagaimana, tapi ternyata setelah masuk ke Medan berbeda dengan apa yang kami bayangkan sebelumnya, masyarakat Sumut hangat. Jadi saya merasakan Sumut ini menjadi ada kecintaan buat saya,” katanya.

Sumut menurutnya memiliki alam yang perlu dijaga dan dirawat.  “Saya senang berjalan-jalan dan hobi berpetualang di alam Sumatera Utara, bahkan saya pernah berenang di Danau Linting,” kenang Tri Bowo.

Tri Bowo juga mengucapkan salam perpisahannya. “Saya mohon pamit dan berterima kasih kepada semua pihak yang banyak membantu, paling tidak menambah persahabatan persaudaraan,” ujarnya.

Pangkosek Hanudnas III Medan Kolonel Penerbang Djohn Amarul S Ab meminta izin kepada warga Sumatera Utara agar diterima saat bertugas menjabat Pangkosek yang baru. “Kami minta dukungan dan bantuan seperti apa yang telah diterima senior atau pendahulu saya,” katanya.

Djohn juga mengatakan, tugasnya untuk Sumatera Utara. “Tugas kami adalah memantau wilayah udara nasional, kami punya satuan radar di pesisir barat dan utara Sumatera, kami juga siap diperintah membangun Sumatera Utara,” katanya.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Danlantamal I Laksamana Pertama TNI Ali Triswanto SE MSi, Walikota Medan Drs HT Dzulmi Eldin MSi, Danlanud Soewondo Kolonel Pnb Dirk P Lengkey, Ketua Majelis Ulama Indonesia Medan Prof Dr H Mohd Hatta, Kabinda Sumut Brigjen TNI Ruruh A Setyawibawa SE MM, Gubernur Sumut Periode 2013 – 2018 Ir H Tengku Erry Nuradi MSi, Asisten Ekonomi dan Pembangunan Pemprovsu Ibnu S Hutomo, dan Kabiro Humas dan Keprotokolan Setdaprov Sumut Ilyas Sitorus.(Ss).