Dinas Pertanian Medan Kangkangi Peraturan Menteri Pertanian

234
BERBAGI

Medan – Sumawa
Dalam Peraturan Menteri Pertanian di sebutkan bahwa Proses sertifikasi sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dapat diselenggarakan oleh UPT Pusat dan UPTD Provinsi yang menyelenggaraan tugas dan fungsi Pengawasan dan Sertifikasi Benih.

Namun sangat di sayangkan Dinas Pertanian Medan melalui suratnya bernomor 521/3200/TM/VI,2018 dengan perihal pengawasan Pertanian, dinilai telah melangkahi kewenangan Dinas Pertanian Provinsi Sumatera Utara dalam melakukan Pengawasan sebagimana di atur di dalam Peraturan Menteri Pertanian.

Hal tersebut terungkap ketika Dinas Pertanian Medan telah mengundang enam pengusaha Retail untuk Rapat pada, senin (28/5/2018) lalu di Ruang Rapat Hotel Grand Impression di jalan Setia Budi Tj. Rejo Medan.

Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Medan IR. Ikshar Risyad Marbun, M.SI melalui Bidang pengawasan Sondang Manalu pada wartawan mengatakan bahwa “rapat di pimpin langsung oleh Kepala Dinas Pertanian Medan, dan saat ini Kepala Dinas Sudah keluar, jelas Sondang.

Dan ketika di singgung mengenai kapasitas Dinas Pertanian Medan untuk mengundaang enam Pengusaha Retail untuk rapat, Sondang Manalu terkesan Gugup dan mencoba menghubungi Kepala Dinas Ikshar Risyad Marbun via Handphone dan mengarahkan wartawan untuk datang besok di kantor Dinas Pertanian Medan di Selambo dan Sondang mengatakan ini hanya rapat biasa, katanya.

Atas sejumlah kejanggalan tersebut Ketua Umum APISU (Asosiasi Pers Independen Sumatera Utara) SM. Silalahi mengatakan dalam waktu dekat akan menyurati Walikota Medan dan sejumlah Instansi terkait agar segera menyelidiki dan mengaudit Kinerja Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Medan, karena atas pertemuan tersebut sejumlah pengusaha merasa resah dan terganggu dengan sikap Sondang Manalu yang dinilai Arogan.

Terkait hal tersebut Wali Kota Medan dengan kewenangannya di harapkan untuk segera mengevaluasi kinerja Kepala Dinas Pertanian Kota Medan agar para Pengusaha Retail di Medan dapat nyaman dalam berbisnis di Kota Medan, ujar Ketua APISU. (Tim).