Beranda Daerah

Hadiri Paripurna Laporan Hasil Kunker DPRD Sumut, Pj Gubsu akan Tindaklanjuti Temuan dan Saran Dewan

74

MEDAN – SUMAWA

Penjabat Gubernur Sumatera Utara (Pj Gubsu) Drs Eko Subowo MBA menyampaikan terimakasih kepada seluruh anggota DPRD Sumut atas penyampaian laporan hasil kunjungan kerja (kunker) yang berisi temuan terhadap realisasi pelaksanaan program pembangunan TA 2017, Selasa (17/7). Kesimpulan dan saran di dalamnya pun menjadi bahan untuk ditindaklanjuti di internal Pemerintah Provinsi Sumut (Pemprovsu).

“Jadi hari ini kita menerima laporan hasil kunjungan kerja (kunker) DPRD Sumut. Ada 11 tim DPRD ke seluruh kabupaten/kota. Tentu dari hasil kunker ini banyak temuan-temuan,” ujar Pj Gubsu Eko Subowo usai menghadiri paripurna tersebut.

Adapun berbagai temuan dari hasil kunker dewan tersebut, lanjut  Eko, disampaikan kepada Pemprovsu. Berikutnya adalah mempelajari dan menindaklanjutinya ke seluruh instansi yang terkait dengan temuan dimaksud dalam laporan kunker dewan di 12 daerah pemilihan (dapil) yang dibagi menjadi 11 tim, dimana dapil 1 dan 2 di Kota Medan digabung menjadi satu tim.

“Tentu ini nanti kita akan tindaklanjuti dengan dinas-dinas terkait. Karena semua temuan dari hasil kunker itu menyangkut apa yang dikerjakan oleh dinas-dinas provinsi di kabupaten/kota yang bersangkutan,” sebut Eko didampingi Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sumut Hj Sabrina.

Selanjutnya, kata Eko, Pemprovsu akan mempelajari laporan dari kunker DPRD Sumut di 33 kabupaten/kota yang ada sejak 4-9 Juli lalu. Setelah itu, pihaknya akan memberikan jawaban atas laporan yang juga berisi kesimpulan dan saran itu.

Adapun beberapa catatan temuan dari laporan tersebut diantaranya seperti realisasi pembangunan yang masih harus disempurnakan dan sikap proaktif pemerintah kabupaten/kota dalam hal pengusulan anggaran untuk bantuan keuangan provinsi dan dana bagi hasil. Atas hal itu, mereka meminta agar Pemprovsu dapat memberikan alokasi dana untuk pembangunan lebih besar dari tahun sebelumnya.
Kawal Ketat

Selain itu, tim 1 kunker DPRD Sumut Dapil I dan II (Kota Medan) melalui Ketuanya Ikrimah Hamidy memberikan penekanan terhadap kesiapan pelaksanaan MTQ Nasional ke27 di Kota Medan dan Kabupaten Deli Serdang. Atas kunjungan mereka di dua daerah itu, para legislator tersebut meminta agar Pj Gubsu mengawal ketat persiapan ajang musabaqah yang diikuti 34 provinsi itu.

“Kami sampaikan bahwa MTQ Nasional di Sumut harus dikawal ketat oleh Pj Gubernur Sumut guna kesuksesan acara tersebut dengan melibatkan organisasi perangkat daerah (OPD) dan swasta serta pemerintah daerah. Gubernur menginstruksikan agar dibuat template hitung mundur ke hari pembukaan MTQ Nasional tersebut,” sebut Ikrimah.

Dirinya juga menjelaskan bahwa dalam kunjungan kerja mereka, dibahas beberapa poin penting yakni kebutuhan air, publikasi atau promosi, infrastuktur jalan, ketersediaan listrik, keindahan lokasi acara maupun gedung di sekitar tempat pelaksanaan MTQN, serta yang terpenting yakni koordinasi untuk mengatasi beberapa kendala yang ada. (Ss)