Beranda Politik Hukum

KPK Mengamankan Sejumlah Uang Dan Pimpinan PN Medan

124

Jakarta – Sumawa
Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Febri Diansyah SH mengatakan bahwa KPK telah mengamankan sejumlah uang dalam bentuk dolar Singapore serta delapan orang pelaku di duga melakukan transaksi yang turut mempengaruhi proses penanganan perkara dalam tindak pidana Korupsi di Pengadilan Negeri Medan.

Hal tersebut di katakan Febri Diansyah pada wartawan, rabu (29/8/2018) di Jakarta.

Febri Diansyah mengatakan bahwa sejauh ini delapan orang telah diamankan sementara untuk pemeriksaan di Kantor Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara, yang kemudian nanti baru di pertimbangkan berapa orang yang akan di bawa ke Jakarta untuk proses lebih lanjut.

Dalam kasus transaksi yang turut mempengaruhi proses penanganan perkara tindak pidana korupsi di Pengadilan Negeri Medan tersebut tersebut, juru Febri Diansyah mengungkapkan bahwa dari delapan orang pelaku yang diamankan ada unsur Pimpinan Hakim, ada unsur Hakim, ada Panitera dan ada dari pihak Swasta, ucapnya.

Sementara informasi yang berkembang di Kantor Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara menyebutkan bahwa ke delapan orang yang telah di amankan tersebut yakni, Ketua Pengadilan Negeri Medan Marsudin Nainggolan SH dan Wakilnya Wahyu Prasetyo Wibowo SH, dua Hakim Sontan Merauke Sinaga SH dan Mery Purba SH, Anggota AdHoc Tipikor, dan dua Panitera Oloan Sirait dan Efendi, sementara dari pihak Swasta Tamin Sukardi di tangkap dalam perkara suap Tindak Pidana Korupsi yang telah di Vonis selama 6 tahun. (Ss).