Beranda Peristiwa

Pascah OTT KPK : Rekam Jejak Aparat Pengadilan Di Medan Tidak Terlalu Baik

96

Medan – Sumawa
Ketua Bidang Pengawasan Perilaku Hakim Komisi Yudisial Sukma Violetta, S.H., LL.M. dengan Ketua Pengadilan Tinggi Medan, guna memastikan Jajaran Pengadilan tetap pada jalurnya atas musibah yg terjadi baru-baru ini.

Berikut Point Penting Pertemuan tersebut atas Sikap dan Posisi KY dalam Peristiwa OTT di Medan yakni:

Komisi Yudisial dalam posisi mendorong sekaligus mengawal rekan – rekan di Pengadilan, utamanya Pengadilan Tinggi sebagai garda terdepan pengawasan Hakim di daerah berdasarkan SK KMA No. 076.

Efektifitas sekaligus Pengaruh seluruh instrumen reform maupun SDM nya kembali di uji, seluruh semboyan dan moto juga dituntut agar tdk hanya disebutkan saja, justru harus dibuktikan.

Tidak ada alasan untuk putus asa dalam perbaikan pengadilan, apapun sebutannya baik oknum atau kesalahan sistemik, tidak ada yg bisa memberikan pengaruh perbaikan lebih besar kecuali internal pengadilan sendiri.

Rekam Jejak para Hakim di Medan dari Komisi Yudisial (KY) atas terjadinya tragedi ini juga kembali disampaikan, bahwa rekam jejak aparat pengadilan di daerah Medan tidak terlalu baik.

Catatan tersebut ada pada KY dan akan terus disampaikan kepada MA sebagai upaya pencegahan sekaligus pembinaan profesi, KY juga meminta pihak pengadilan memperhatikan serta menindaklanjuti beberapa catatan tesebut, jika tidak ingin kejadian serupa terulang kembali.

Upaya Pembinaan Integritas Hakim, KY bersama MA sekaligus jajaran pengadilan di bawahnya, akan terus memperkuat Pembinaan Integritas, karena basis utama nihilnya pelanggaran ada pada kesadaran individu.

KY juga memastikan upaya monitoring terhadap pelanggaran perilaku Hakim akan terus berlanjut, Pengawasan tdk pernah berhenti sekalipun tanpa perhatian publik. (Ss).