Beranda Peristiwa Agama

Sembahyang Imlek di Vihara,Dr Lily MH MBA Berdoa Untuk Bangsa

122

Medan, Sumawa.Com

Anggota DPRD Medan Fraksi Gerindra Dr Lily MH MBA sembahyang Imlek di Vihara Setia Budi, Jalan Irian Barat Kecamatan Medan Timur, Selasa (5/2). Pada kesempatan itu, dia memasang lilin dan membakar dupa sambil berdoa kepada Dewi seribu tangan untuk kemakmuran dan keamanan bangsa.

Kepada wartawan Lily mengatakan, tahun baru Imlek 2570/ tahun 2019 menurut kelender Tionghoa adalah shio babi tanah. Anggota Komisi D ini berharap, di tahun ini, perekonomian bangsa Indonesia semakin baik.

“Terlebih di tahun politik ini, kita harapkan pileg dan pilpres berjalan aman dan lancar, kita tetap satu dalam bingkai NKRI. Jangan karena politik kita terpecah-pecah, tapi berharap negara ini makin makmur, rezeki rakyat makin melimpah,” ucap Lily.

Menurut kepercayaan etnis Tionghoa, lanjut Lily, tahun babi tanah ini, kata Lily, tahun adalah tahun kebaikan dan memberi banyak rezeki kepada masyarakat. Sehingga diharapkan juga, masyarakat Sumut, khususnya Medan memperoleh rezeki yang berlimpah.

“Karena, unsur tanah adalah api yang melambangkan rezeki berlimpah. Babi melambangkan celengan, tempat orang menabung uangnya. Makanya di took-toko menjual ornamen Imlek banyak dijual celengan dengan warna emas dan merah, tapi keduanya melambangkan kelimpahan,” tuturnya.

Saat sembahyang, Lily juga berkesempatan melepas satwa burung, dalam istilah Tionghoa disebut Fangsen. Artinya membebaskan satwa dari jeratan, kandang, bisa berupa ungags (burung), kura-kura maupun ikan.

“Kita melakukan Fangseng agar kehidupan satwa yang dibebaskan bisa lebih baik. Tapi, bagi yang sudah melepas satwa, tidak boleh lagi mengkonsumsi hewan tersebut. Misalnya, kalau sudah melepas burung, ikan mas maupun kura-kura, tidak boleh memakannya,” tuturnya. (ss)