Beranda Daerah

Toba Smile Dengan Sejuta Pesona

66

Parapat – Sumawa
Danau Toba merupakan suatu karya Tuhan yang indah dan sejuk dengan panorama alam yang asri dingin dan hijau serta menyimpan suatu cerita legenda sejarah yang unik yakni
Berupa “Batu Gantung, Simardan, dan gunung toba (pusuk buhit)”.

Danau toba adalah salah satu keajaiban dunia yang terletak di tengah pulau Sumatera bagian utara dengan ketinggian 900 Meter diatas permukaan dan luas 1.13 KM2 dengan kedalaman 505 KM, panjang 100 KM dan lebar 30 KM.

Danau toba di huni dengan dengan berbagai macam jenis ikan yang hidup di dalamnya diantaranya ada ikan mas dan ikan mujahir serta di kelilingi gunung – gunung yang tinggi dan pemukiman penduduk yang hidup dan mencari nafkah dari Danau toba.

Danau toba juga berada diantara enam kabupaten yang meliputi Kabupaten Dairi, Kabupaten Karo, Kabupaten Simalungun, Kabupaten Samosir, Kabupaten Toba Samosir, Kabupaten Taput, dan Kabupaten Humbang Hasundutan.

Seiring dengan perkembangan dunia teknologi dan ilmu pengetahuan yang moderen serta meningkatkan Dunia pariwisata Danau Toba ke tingkat Nasional dan Internasional, Danau Toba kirannya perlu di tata dan di kelola oleh tangan – tangan terampil yang dapat memberdayakan masyarakat sekitar dengan melakukan pembinaan keterampilan (kerajinan tangan) untuk dapat membantu perekonomian keluarga.

Hadirnya Badan Pengelola Otoritas Danau Toba (BPODT) dengan programnya “Toba Smile dengan sejuta pesonanya” di harapkan dapat memajukan dunia pariwisata di Sumatera Utara dengan melibatkan Bank Indonesia, Institut Teknologi DEL dan Pemerintah Kabupan yang berada di seputaran Danau Toba.

Air Danau Toba di harapkan harus steril dan terhindar dari pencemaran Limbah rumah tangga dan limbah industri yang dapat merusak biota Danau Toba yang ada di dalamnya.

Hutan yang berada di seputar Danau Toba perlu perhatian serius dari Pemerintah agar keadaan danau toba dapat di kembalikan seperti aslinya yang asri dan hijau. (Sahat Silalahi).