Selasa, Mei 21, 2019
Beranda blog

Tumpuhkan Tanah Bekas Galian Drainase Tak Kunjung Diangkat Wali Kota Marahi Kadis

Medan – Sumawa
Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi langsung memarahi Kadis Pekerjaan Umum (PU) Kota Medan Khairul Syahnan ketika mendapati tumpukan tanah bekas galian drainase tidak diangkat di Jalan Sei Belutu, Kelurahan PB Selayang II, Kecamatan Medan Selayang, Jumat (20/10) sekitar pukul 08.00 WIB.
Pasalnya warga sekitar selama ini mengeluh, sebab tanah bekas galian drainase tidak kunjung diangkat dan dibiarkan menumpuk di atas trotoar hingga badan jalan mulai persimpangan Jalan Sei Ular/Jalan Sei Belutu hingga persimpangan Jalan Sei Belutu/Jalan Setia Budi.
Selain mengganggu kelancaran arus lalu lintas, tumpukan tanah itu dikhawatirkan akan masuk kembali dalam drainase yang telah selesai dikorek . Di samping itu setiap kali hujan deras turun, tanah bekas galian akan berubah menjadi lumpur sehingga mengotori Jalan Sei Belutu.
Begitu tiba di lokasi, wajah Wali Kota langsung berubah memerah setelah melihat tumpukan tanah bekas galian drainase tidak diangkat pelaksana proyek perbaikan drainase. Wali Kota kemudian menaiki tumpukan tanah yang menggunung sekaligus mengecek drainase yang telah selesai digali.
Bersamaan itu Kadis PU Kota Medan tiba di lokasi, Wali Kota pun tak dapat menahan amarahnya lagi. “Mengapa tanah bekas galian drainase ini tidak langsung diangkat dan dibiarkan menumpuk seperti ini. Wajar jika warga di sini mengeluh, lihat saja tumpukan tanah ini mengganggu kelancaran arus lalu lintas. Saya minta sekarang juga diangkat!” kata Wali kota dengan nada tinggi.
Kadis PU hanya bisa tertunduk, kemudian Syahnan pun menghubungi anggotanya untuk segera datang mengangkat tumpukan tanah tersebut. Tak lama beserlang, satu unit alat berat beserta lima unit truk turbo intercoller tiba di lokasi.
Di bawah pengawasan langsung Wali kota, pengangkatan tanah bekas galian drainase pun dilakukan. Backhoe mini selanjutnya mengangkati tumpukan tanah dari badan jalan maupun atas trotoar. “Saya minta seluruh tumpukan tanah ini dibersihkan!” tegasnya.
Di saat pengangkatan tanah bekas galian ini berlangsung, Wali kota selanjutnya meninjau sungai yang tak jauh dari lokasi tumpukan tanah. Kemudian mantan Wakil Wali Kota dan Sekda Kota Medan minta kepada Syahnan untuk mengorek pinggiran sungai yang telah mengalami pendangkalan, guna memperlancar aliran air dari drainase yang telah selesai digali.
Setelah itu Wali Kota kembali mememerintahkan Kadis PU untuk memerintahkan pelaksana proyek pembenahan drainase segera mengangkat seluruh tanah bekas galian drainase maupun parit. Sebab, tidak sedikit warga yang mengeluh karena merasa terganggu dan tidak nyaman dengan kehadiran tumpukan tanah tersebut.
“Perintahkan kepada pelaksana proyek untuk segera mengangkat seluruh tanah bekas galian parit maupun draianse. Saya tidak mau lagi mendengar ada masyarakat yang mengeluh soal tanah bekas galian tidak diangkat!” pungkasnya
Proses pengangkatan tumpukan tanah bekas galian ini membuat arus lalu lintas terganggu. Beberapa petugas Dinas Perhubungan Kota Medan dibantu beberapa pekerja Dinas PU membantu mengatur arus lalu lintas.
“Atas nama pribadi dan jajaran Pemko Medan, saya minta maaf atas ketidaknyamanan ini. Selain masalah tanah bekas galian parit dan drainase, kita akan memperbaiki seluruh jalan kota yang rusak di Kota Medan. Bagaimananpun itu akan kita lakukan sehingga masyarakat tenang dan nyaman,” ungkapnya.
Sebelum meninggalkan lokasi, Wali Kota kembali me-warning Kadis PU untuk segera mempercepat perbaikan jalan rusak dan melakukan pengawasan secara ketat sehingga hasil perbaikan jalan yang dilakukan benar-benar memuaskan masyarakat dan tahan lama. Kemudian segera menginvetarisir jalan rusak yang belum terdata dan segera dilakukan perbaikan secepatnya.
Kehadiran Wali kota mendapat apresiasi dari warga sekitar, salah satunya Masniah Siregar, warga Jalan Sei Belutu No.48. Ibu rumah tangga itu menyampaikan ucapan terima kasih, sebab Wali Kota cepat tanggap atas keluhan yang disampaikan warga.
“Kami di sini mengeluh, sebab tumpukan tanah bekas galian drainase tidak diangkat-angkat. Selain menganggu kelancaran arus lalu lintas, kami khawatir tumpukan tanah ini akan masuk dan menyumbat drainase yang telah digali. Apalagi saat ini musim penghujan, tumpukan tanah ini tentunya bisa berubah menjadi lumpur,” papar Masniah.
Di samping mengucapkan terima atas pengangkatan tumpukan tanah yang dilakukan, Masniah juga sangat bersyukur dilakukannya penggalian drainase lantaran nyamuk jauh berkurang karena air mengalir lancar kembali. (Silalahi)

Wali Kota Medan Diminta Tuntaskan Masalah Banjir, Agar Wali Kota Yang Baru Tinggal Menata Kota

Herri Zulkarnain Hutajulu

Medan-Sumawa.Com

Ketua Fraksi P Demokrat Drs Herri Zulkarnain Hutajulu SH MSi mengatakan, Medan masih dirundung masalah banjir. Normalisasi parit, renovasi sampai membuat yang baru terus dilakukan tapi tidak mampu mengatasi banjir.

“Hujan sedikit saja sudah banjir. Bahkan, akibat banjir, jalan dan trotoar yang dibangun negara pakai uang rakyat ikut rusak. Sehingga pekerjaan pemko itu-itu saja, “PR” lama ini tidak pernah tuntas. Bangun parit di sana-sini tapi banjir melanda dimana-mana,” kata Herri kepada wartawan, Senin (20/5) di DPRD Medan.

Menurut dia, pemko bersama pemprovsu supaya berkordinasi dengan Balai Wilayah Sungai (BWS) Kementerian PU PR. Agar dilakukan pengerukan yang sudah lama mengalami pendangkalan. Kordinasi seperti ini belum pernah dilakukan, karena urusan sungai ada pada BWS.

Dia berharap kepada Wali Kota Medan Drs H Dzulmi Eldin S MSi sampai akhir masa jabatannya agar menuntaskan masalah banjir di Medan. Agar wali kota yang baru hasil Pilkada tahun 2020 nanti tinggal melakukan penataan kota.

“Persoalan Medan ini sangat kompleks, belum lagi persoalan pendidikan, pajak dan kesejahteraan rakyat, tapi satu-satulah dulu dituntaskan. Paling utama adalah persoalan banjir karena sangat meresahkan orang banyak. Jika Eldin (Wali Kota) sampai di akhir masa jabatannya mampu menuntaskan banjir, maka Wali Kota Medan yang baru tinggal memperindah kota,” terangnya.

Plt Ketua DPD P Demokrat Sumut ini mengungkapkan, Pemko Medan haru meniru Bali yang bisa membuat sungai tertata indah. Sungai dibuat berkelok-kelok sehingga bisa dijadikan transportasi air. Medan sebenarnya memiliki potensi seperti Bali karena memiliki banyak sungai yang terlantar.

Lebih lanjut Herri menyarankan agar pemko tegas terhadap Perda tentang persampahan. Karena di dalam perda tersebut ada pidananya bagi yang membuang sampah sembarangan. Yakni denda sampai Rp 50 juta dan kurungan paling lama 1 bulan.

“Perda pengelolaan persampahan sudah lama diterbitkan, tapi perwalnya sebagai petunjuk teknis pelaksanaan perda belum ada. Karena salah satu penyebab banjir adalah membuang sampah sembarangan yang dilakukan masyarakat. Jika perdanya dilaksanakan secara tegas, pasti masyarakat tidak sembarangan membuang sampah,” tuturnya. (P.H)

DPD (23) Dr. Badikenita BR Sitepu, SE, M Si Ditetapkan KPU Sumut Sebagai Anggota di Posisi Ke-4 Sumatera Utara

DPD (23) Dr.Badikenenta BR.Sitepu SE, M Si Ditetapkan KPU Sumut Sebagai Anggota di Posisi Ke-4 Sumatera Utara

SUMUT – Sumawa.com
Sumut Tetapkan Badikenita BR Sitepu SE, M. Si(23) sebagai salah satu dari empat jatah Anggota DPD-RI dari Provinsi Sumatera Utara pada Posisi Ke-4 yang sudah diputuskan dalam rapat paripurna rekapitulasi hasil penghitungan suara, bertempat di gedung KPU Sumut, Minggu (19/5)

Posisi ke-4 yang sudah diputuskan oleh KPU Sumut dengan perolehan suara yang sangat tipis dengan jumlah perolehan suara terbanyak posisi ke-5. Berikut daftar 4 nama anggota DPD-RI dari propinsi Sumatera Utara dengan Peroleh suara terbanyak yang telah ditetapkan KPU Sumut :
1. WTP Simarmata.. 803.635 suara
2. Dedi Iskandar Batubara.. 790.346 suara
3. M Nuh.. 518.926 suara
4. Dr.Badikinenta BR Sitepu.. 496.760 suara

“perolehan suara yang sangat tipis dengan jumlah perolehan suara dibawah Badikenenta tersebut, dianggap tidak menjadi penghalang karena itulah perolehan suara yang sah,” kata Edly Sinulingga Staff ahli Badikenenta sitepu saat memberikan keterangan pers kepada para awak media

Ditambahkan, terkait adanya temuan kasus kejadian indikasi adanya kecurangan dibeberapa perhitungan suara yang memperlambat proses tahapan dari tingkat kabupaten/kota ketingkat propinsi contohnya yang terjadi di hasil pleno PPK dari ribuan TPS beberapa desa disahkan gudang intan kecamatan Percut sei Tuan berbeda dengan hasil perhitungan suara yang dilakukan tingkat kabupaten di GOR Lubuk Pakan Deli Serdang.

“Temuan kasus kejadian di Percut sei Tuan tersebut merupakan dugaan kejahatan pelanggaran Pemilu yang memindahkan suara antar Calon DPD-RI, yang akan kita tindak lanjuti sesuai PKPU dan UU Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu,” papar Sinulingga

“Besok pagi ibu Dr.Badikenenta BR Sitepu SE, M. Si akan ikut berangkat ke Jakarta guna mengikuti proses tahapan dan pengumuman hasil rekapitulasi suara Nasional di kantor KPU Pusat,” tutupnya.(Irw)

POLSEK DELITUA BUKA PUASA BERSAMA TOKOH AGAMA DAN TOKOH MASYARAKAT DELITUA SERTA ANAK YATIM PIATU

POLSEK DELITUA BUKA PUASA BERSAMA TOKOH AGAMA DAN TOKOH MASYARAKAT DELITUA SERTA ANAK YATIM PIATU

Delitua – Sumawa.com
Kapolsek dan personel Polsek Delitua buka puasa bersama tokoh-tokoh masyarakat dan tokoh agama dan sejumlah anak yatim piatu, Sabtu (18/5).

Dalam sambutan singkatnya Kapolsek Delitua Kompol Efianto SH mengatakan, acara berbuka puasa tersebut bertujuan mendukung kondusifitas pasca Pemilu dan memberikan pesan-pesan religius bagi masyarakat untuk tidak mudah percaya pada berita-berita bohong atau hoax demi mempererat rasa persatuan dan kesatuan bangsa, khususnya di wilayah hukum Polsek Delitua.

“Kita baru saja selesai melewati Pemilihan Presiden, Pemilihan Umum yang cukup membuat perbedaan pandangan politik. Marilah di bulan suci Ramadhan ini kita kembali mempererat rasa persatuan dan kesatuan dalam berbangsa,” kata Kapolsek Delitua dalam pidato singkatnya.

Ustadz Hj Efendi Nasution dalam tausiyah yang singkat jelang berbuka puasa sore itu memberikan pesan kebersamaan untuk kita semua tetap menjaga kekeluargaan dan kerukunan antar umat beragama

Dari pantauan media tamu yang Hadir dalam acara tersebut, Wakapolsek MKL Tobing, Ketua MUI Medan Johor Ansari Parinduri, Camat Delitua Wakil Karo karo, Danramil Delitua Kapten (CZI) TEJ Tobing dan undangan yang datang pada acara tersebut (Irw)

Kapolrestabes Medan Pimpin Apel Patroli Skala Besar jaga kondisi kondusif

Kapolrestabes Medan Pimpin Apel Patroli Skala Besar jaga kondisi kondusif

Medan – Sumawa.com
Dalam menjaga Kondisi keamanan tetap Kondusif, Kapolrestabes Medan Kombes Pol Dr Dadang Hartanto SH SIK MSi, Pimpin Apel Patroli Skala Besar dengan titik Kumpul dihalaman Apel Polrestabes Medan jalan H M Said No 1 Medan, Sabtu (18/5).

Patroli Skala Besar ini yang dilaksanakan oleh Batalyon C dan Batalyon D dibagi 3 Rayon.Rayon 1 dipimpin Oleh Kasat Reskrim Akbp Putu Yudha Prawira,SIK,MH, Rayon 2 dipimpin Oleh Kasat Narkoba Akbp Raphael Sandy Cahya Priambodo,SIK dan Rayon 3 Dipimpin Kasat Binmas Akbp Rudi H.R,SIK,MM.

Untuk Batalyon D Satreskrim Polrestabes Medan dengan Route Jl. HM Said – Jl. Perintis Kemerdekaan – Jl. Thamrin – Jl. Sutrisno – Jl. Sutomo – Jl. Pandu – Jl. Pemuda – Jl. Kesawan – Lap. Merdeka – Jl. Hindu – Jl. Perdana – Jl. Imam Bonjol – Jl. Jend Sudirman – Jl. Linggar Jati – Jl. Suryo – Jl. Mongisidi – Jl. Patimura.

Kapolrestabes Medan Kombes Pol Dr Dadang Hartanto SH SIK MSi mengatakan, Patroli Skala Besar ini dalam rangka untuk mengantisipasi adanya gangguan Kamtibmas. Kita menyiapkan beberapa kompi untuk merespon situasi kontijensi apabila diperlukan kapanpun dan dimanapun terutama kita menghadapi dinamika situasi yang semakin meningkat. Kesiapan harus kita lakukan untuk memberikan kepercayaan kepada masyarakat.

“Dalam patroli nanti akan ditentukan beatnya yang mampu menyentuh masyarakat untuk menunjukkan kepada masyarakat akan kehadiran TNI-Polri,” terangnya

Patroli dilakukan ditempat – tempat pusat Perbelanjaan, Pemukiman penduduk dan tempat yang rawan tindak kejahatan. (Red/Irw)

Antisipasi kelelahan Tim kesehatan Polrestabes medan periksa kondisi kesehatan petugas di KPU Sumut

Antisipasi kelelahanTim kesehatan Polrestabes medan periksa kondisi kesehatan petugas di KPU Sumut
Medan – Sumawa.com
Tim kesehatan dari klinik polrestabes Medan turun untuk mengecek kondisi kesehatan personil yang sedang bertugas di KPU Sumut jalan perintis kemerdekaan  Medan, Minggu (19/5)
Mengantisipasi kelelahan petugas dokter polisi dari Tim Kesehatan Polrestabes Medan yang dipimpin oleh Betty Hutagaol, SKM klinik polrestabes medan turun untuk mengecek kondisi kesehatan personil yang sedang bertugas menjaga keamanan  rapat pleno terbuka di kantor KPU Sumut
?
“kami Dokpol dari tim kesehatan polrestabes medan di bagi 2 shift untuk memeriksa kondisi kesehatan personil yang sedang bertugas tetapi tidak menutup kemungkinan bila ada dari komisioner KPU yang sakit kami siap membantu karna itu sudah tugas kami untuk melayani kesehatan “papar Ners Moris Hutahaean, S.Kep anggota Tim kesehatan
?
Lanjut ia mengatakan “kita sebagai Tim kesehatan Polrestabes Medan selalu memantau rutin kesehatan Personil para Polri kita agar tetap terjaga prima kondisi Kesehatan mereka. Kita cek Tensi mereka, jika ada yg kita dapatin Tensinya menurun kita kasih vitamin dan pendidikan kesehatan guna untuk meningkatkan pengetahuan mereka dalam mengatasi kondisi kesehatannya.” (Irw)

KAPOLDA TINJAU LANGSUNG RAPAT PLENO KPU SUMUT

KAPOLDA TINJAU LANGSUNG RAPAT PLENO KPU SUMUT

Medan – Sumawa.com
Kapolda Sumatera Utara Irjen. Pol Agus Adrianto meninjau rapat pleno terbuka rekapitulasi suara Pemilu 2019 tingkat provinsi di Kantor KPU Sumut Jalan Perintis Kemerdekaan nomor 35 Medan, Jumat (17/5).

Pantauan sumawa.com, kapolda yang didampingi anggotanya, melihat langsung penghitungan suara yang dilakukan KPU Nias Selatan (Nisel).

?

Sampai saat ini dari pantauan media ada dua daerah yang belum siap melakukan rekapitulasi. Diantaranya, Kabupaten Nias Selatan dan Kabupaten Deli Serdang.

Agus kepada wartawan menyatakan bahwa pelaksanaan yang dilaksanakan oleh KPU Provinsi berjalan lancar. Ia berharap agar rekapitulasi di Sumut segera terselesaikan.

“Mudah-mudahan agar rekapitulasi segera selesai. Sebab, pleno nasional sudah 26 provinsi,” ungkapnya.(Irw)

Kantor Bawaslu Sumut Kembali Di Unjuk Rasa

Kantor Bawaslu Sumut Kembali Di Unjuk Rasa

Medan – Sumawa.com
Kantor Bawaslu sumut jalan Adam Malik medan kembali di unjuk rasa oleh berbagai gabungan organisasi masyarakat Pada Jumat (17/5).

terlihat petugas keamanan sudah memasangi kawat duri dan diletak tepat di depan kantor Bawaslu Sumut.

Panglima Divisi PETA (Pembela Tanah Air), Kahairi Amri. Dalam orasinya mengatakan
“Aksi kali ini kami menyatakan sikap kepada Bawaslu, bahwa kami mendukung keputusan Bawaslu yang menyatakan KPU bersalah dalam perhitungan dan QC juga bersalah dalam prosedurnya. Dan kami menuntut Bawaslu agar memerintahkan kepada KPU untuk menghentikan perhitungan ini dan mendiskualifikasi pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin,”

Lebih lanjut dijelaskan Kahairi, apabila tetap dilanjutkan sampai 22 Mei 2019 mendatang, maka mereka akan mengambil sikap.

“Di hari H penetapan, jika tidak Prabowo yang ditetapkan, artinya 01 dimenangkan dan 02 dikalahkan padahal sudah ada rekomendasi dari Bawaslu yang menyatakan salah, maka rakyat akan melantik Prabowo dan Sandiaga Uno untuk menjadi presiden,” ujarnya. ( feb/Irw )

Mertua Pimpinan redaksi sumawa meninggal dunia

Mertua Pimpinan redaksi sumawa meninggal dunia

Medan – Sumawa.com
Keluarga besar redaksi Sumawa.com
turut berduka atas meninggalnya ibu
“TIURMA MANULANG ” mertua dari Antonius sianipar Pimpinan redaksi media Sumawa.com jumat (16/5)

meninggal dunia kamis 16/5/2019 almarhum tutup usia 65 tahun di rumah sakit Murni teguh karna sakit sempat menjalani perawatan medis dirumah sakit Murni teguh medan Dikebumikan hari sabtu 18/5/2019 alamat duka Desa sambaliang kec.Berampu kab.Dairi – Sidikalang

“saya ucapkan terima kasih kepada rekan rekan media, baik itu dari biro biro daerah yang yang telah memberikan ucapan bela sungkawa pada mertua saya dan tetap di jaga kekompakan untuk satu keberhasilan bersama” paparnya (Irw)

Panglima kodam I/BB dan Gubsu Buka puasa bersama di kajatisu

Panglima kodam I/BB dan Gubsu Buka puasa bersama di kajatisu

MEDAN – Sumawa.com
Panglima Kodam I/Bukit Barisan Mayjen TNI M Sabrar Fadhilah menghadiri undangan buka puasa bersama Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara Fachruddin Siregar SH MH di Kantor Kejati Sumut Jalan Jenderal Besar AH Nasution No.1C Medan, Rabu malam (15/5).

buka puasa bersama mengundang anak yatim piatu dari sejumlah panti asuhan di Kota Medan, Sumatera Utara, tampak hadir dalam acara unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) Provinsi Sumatera Utara.

Dari pantauan awak media sumawa.com tampak yang hadir , Gubernur Sumut, Letjen TNI (Purn) Edy Rahmayadi, Kapolda Sumut, Irjen Pol Agus Andrianto, Danlantamal I, Laksma TNI Ali Triswanto, Pangkosekhanudnas III, Marsma TNI Djohn Amarul SAB, Kabinda Sumut, Brigjen TNI Ruruh A Setyawibawa, Ketua DPRD Sumut, H Wagirin Arman, SSos, para PJU TNI-Polri, sipil dan undangan lainnya.

Kajati Sumut Fachruddin Siregar SH MH mengatakan kegiatan buka puasa bersama dimaksudkan untuk ajang mempererat tali silaturrahmi diantara sesama unsur FKPD Sumut dan komponen masyarakat lainnya, di samping sebagai sarana saling bertukar informasi untuk kepentingan bangsa dan negara dalam sambutanya. (red/Irw)

POKJA WARTAWAN UNIT KPU SUMUT BERBAGI TAKJIL DEPAN KANTOR KPU SUMATERA UTARA

POKJA WARTAWAN UNIT KPU SUMUT BERBAGI TAKJIL DEPAN KANTOR KPU SUMATERA UTARA

Medan – Sumawa.com
Menjelang berbuka puasa, wartawan unit KPUD Sumut membagi-membagikan Takjil kepada abang becak, tukang gojek, penumpang angkot dan pengendara roda dua yang melintas didepan kantor KPUD Sumut, Jalan Perintis Kemerdekaan Medan, Rabu (15/5) sekira pukul 17.35 Wib.

Kordinator Pokja wartawan unit KPUD Sumut Syukur SK mengatakan, kegiatan berbagi Takjil yang dilaksanakan ini sebagai wujud kepedulian para insan pers kepada masyarakat dalam hal berbagi terhadap sesama di bulan suci Ramadhan 1440 H ini.

“Ramadhan adalah momentum yang sangat tepat untuk berbagi. Kita harus bersyukur karena masih diberikan kesehatan dan kemampuan untuk memenuhi kebutuhan hidup oleh Tuhan YME. Untuk itu para rekan-rekan wartawan berinisiatif melaksanakan kegiatan ini”, ujar Syukur.

Syukur menambahkan, kegiatan berbagi takjil yang dilaksanakan ini mendapat dukungan dari KPU Sumut, Satpol PP Kota Medan, dan Sat Lantas Polrestabes Medan.

“Selaku penyelenggara kegiatan berbagi Takjil, saya mewakili kawan-kawan wartawan mengucapkan terima kasih atas dukungan yang sudah diberikan oleh Ketua KPU Sumut, Yulhasni beserta Komisioner dan para Staf, Kasat Pol PP Kota Medan Bapak Sofyan M.Si, Kasat Lantas Polrestabes Medan Ibu AKBP Juliani dan Kanit Regident AKP Joko Lelono, semoga kedepan semakin amanah dalam menjalankan tugas sehari-hari”, tutur Syukur.

?

Pantauan dilapangan sedikitnya belasan orang wartawan dari media cetak, electronic dan online dan dibantu personil Brimob yang sedang bertugas sebagai pengawalan di kantor KPUD Sumut membagikan Takjil kepada sejumlah abang becak, tukang ojek, penumpang angkot dan juga pengendara roda dua yang melintas.

Salah seorang abang becak bernama Anto mengaku senang mendapat pembagian Takjil.

“Terimakasih Bang, atas Takjil yang diberikan ini, semoga kita semua tetap diberikan kesehatan dan rezeki yang melimpah”, ucapnya. (red/Irw)

TERBARU