Beranda Daerah

BishopDr.PeringatanZebuaresminahkodaiGTDI2021-2026

53

Gereja Tuhan Di Indonesia telah menyelenggarakanMusyawarah Besar XXIV dari tanggal 2 hingga 5 November 2021bertempat di Danau Toba Internasional Cottage, Parapat yangdihadiri 224 peserta dan puluhan peninjau dari seluruh Indonesiadengan tema, “Berdirilah teguh, jangan goyah dan giatlah selaludalampekerjaan Tuhan (1 Kor. 15:58)”.
Sesuai rencana, acara pembukaan MUBES dilaksanakan padaSelasa, 2 November 2021 dan berlangsung hikmat penuh sukacita.Diawali dengan upacara organisasi dan ibadah dengan pembicaraBishop Dr. Fasaaro Zendrato selaku Ketua Nasional GTDI periode2016-2021.
Sejumlah tokoh dan tamu undangan baik dari kegerejaanmaupun pemerintahan, ikut menghadiri dengan memberikan katasambutan dan ucapan selamat diantaranya Bishop Kristi WilsonSinurat,S.Th,M.Pd selakupimpinanGMI Wilayah Iyangmewakili pimpinan gereja, Pdt. Samuel Gozali selaku KetuaUmum PGPI Sumut – Aceh mewakili aras gereja, Dr. ArnotNapitupulu selaku Kabid Bimas Kristen Kanwil KementrianAgama Provinsi Sumatera Utara dan Dr. Naslindo Sirait selakuKepala Biro Perekonomian Provinsi Sumatera Utara dalam hal inimewakili Gubernur Sumatera Utara yang juga sekaligus membukaresmiMusyawarahBesarXXIGTDI2021.
Musyawarah Besar (MUBES) di hadiripesertadariseluruhindonesia kegiatanmubesinimerupakan ajang lima tahunan yang bertujuan mengevaluasi dan merencanakan perjalananorganisasi selama lima tahun ke depan termasuk memilih danmenetapkan PimpinanNasionalGTDI 2021-2026.

Selain berkaitan organisasi, dalam MUBES ini juga dilakukanibadah penyegaran rohani setiap pagi dan malam harinya dengan pembicarautama Pdt. Dr. Jonston Silitonga yang secara khusus datang darikota Batam guna memberikan pembekalan rohani kepada paraGembalajemaatdancalonPimpinanNasionalyangkelakterpilih.
Hari pertama hingga tiga, kegiatan MUBES diisi denganberbagai persidangan pleno yang sangat menguras tenaga danpikiranmembahaspersoalandantantanganyangdihadapi
Kamis, 4November 2021,rangkaiankegiatanMUBESberlanjut dengan agenda utama persidangan memilih pimpinannasional yang akan melanjutkan perjalanan organisasi lima tahunke depan. Setelah melewati tahapan penjaringan dan pemilihan,terpilih dan telah ditetapkan Bishop Dr. Peringatan Zebua sebagaiKetua Nasional, Pdt. Sairin Pardosi, M.Pd sebagai SekretarisJenderal dan Pdt. Ridwan Sianipar, S.Pd sebagai Bendahara Pusatperiode2021-2026.
Sidang pleno penjaringan dan pemilihan Pimpinan Nasionalcukup memakanwaktudanberakhirpukul02.30 Jum’atdinihari.
Selain memilih Pimpinan Nasional, juga dilakukan pemilihanBadanPertimbanganRohaniGTDIdengan hasilBishopDr.
Fasaaro Zendrato selaku Ketua, Pdt. Timotius Manik, Pdt. DR.Eben Siagian, , Pdt. Yesaya Laia, Pdt. B. Napitupulu sebagaianggota.
Penutupan MUBES XXIV GTDI 2021 dilakukan pada Jumatpukul 10.00 WIB dengan melakukan ibadah sekaligus penahbisanPimpinan Nasional GTDI 2021-2026 oleh salah satu anggotaBadanPertimbanganRohaniGTDI Bishop Dr.N.P.Sitorus.

Selanjutnya Pimpinan Nasional terpilih sekaligus bertindaksebagai tim formatur, menahbiskan pengurus lengkap BadanPengurusHarian GTDI 2021-2026dengan susunan:
Ketua Nasional : Bishop Dr. Peringatan ZebuaSekretaris Jenderal : Pdt. Sairin Pardosi, M.PdBendaharaPusat :Pdt.RidwanSianipar,S.Pd

Ketua Departemen HWM (Wanita) : Pdt. Dr. Muliani ZendratoKetuaDepartemenPria:Pdm.James Siagian,M.Th
Ketua Departemen HTK (Pemuda/i): Pdt. Dr. Eliberkat ZebuaKetua Departemen Sekolah Minggu : Pdm. Mastiur Silitonga, M.PdKetuaDepartemenCBL : Pdt.Dr.OtnielHarefa
KetuaDepartemen Penginjilan :Pdt.AndersonSitorus,M.Th

Selan itu, juga dilakukan penahbisan beberapa Ketua-ketuaWilayah diantaranya Pdt. Kristina PS. Zebua, SH sebagai KetuaWilayahGTDINias,sertaparapendeta danpendetamuda.
IbadahresmiditutupolehBishopDr.Peringatan Zebua.
Peserta dan peninjau pulang dengan damai sejahtera serta bersiapmelanjutkan pelayanan yang TUHAN percayakan di tempatmasing-masing.(JS)