Beranda Politik

Ada Tiga Hak Pemilih Yang Bisa Di Gunakan Di TPS

326

Medan – Sumawa
Ketua Komisi Pemilihan Umum Mulia Banuarea mengatakan untuk bisa memilih di TPS (Tempat Pemungutan Suara) ada tiga macam hak pemilih yang dapat di gunakan masyarakat.

Hal tersebut di sampaikan Mulia Banuarea rabu, (27/6/2018) di Medan.

Ada pun hak pemilih yang bisa di gunakan di Tempat Pemungutan Suara (TPS) yakni :

1. Pemilih yg sudah terdaftar di DPT. Dapat menggunakan hak pilih di TPS sesuai domisili e-KTP nya dgn menunjukkan form C6 dan menunjukkan e-ktp atau Suket. Mencoblos pkl 07.00 – 13.00 waktu setempat.

2. Pemilih terdaftar di DPT yg karena keadaan tertentu (tugas, tugas belajar, sakit, pindah domisili, bencana, dan sedang dalam tahanan) tidak dapat memilih di TPS asal (sesuai domisili) dapat memilih di TPS lain sepanjang di daerah pemilihan yang sama.

Ini disebut pemilih pindahan (DPPh). DPPh wajib mengurus form pindah memilih (form A.5) dari PPS kelurahan asal atau dari KPU kab kota paling lambat 3 hari sebelum hari pencoblosan, dan kemudian menunjukkan e-ktp atau suket dan form A.5 di TPS tujuan. Mencoblos pkl 07.00 – 13.00 waktu setempat.

3. Pemilih tidak terdaftar di DPT, namun memiliki e-ktp atau Suket dapat memilih di TPS sesuai domisili e-KTP pada pkl 12.00-13.00 dengan menunjukkan e-ktp atau Suket, dan tergantung kesediaan surat suara di TPS. (Ss).