Beranda Politik

Anggota DPRD Medan Andi Lumban Gaol Minta Pemko Tuntaskan Masalah KTP Warga

147
Andi Lumban Gaol SH

Medan (Sumawa.Com)

Warga Medan banyak mengeluhkan sulitnya mengurus Kartu Tanda Penduduk (KTP) di kantor Camat Medan Maimun. Kesulitan itu mereka sampaikan kepada kepada Anggota DPRD Medan Andi Lumban Gaol, Rabu (27/2).

“Salah seorang warga bernama Nila Nasution menghubungi saya, warga Jalan Brigjen Katamso. Dia bilang sudah 2 tahun KTPnya belum selesai,” kata Andi.

Politisi PKPI ini berjanji akan turun tangan membantu warga dalam kepengurusan KTP. Menurutnya, masalah pengurusan KTP sangat banyak terjadi di Kota Medan. KTP kata dia adalah kebutuhan utama, karena untuk banyak urusan selalu menggunakan KTP.

“Tapi kalau mengurus KTP saja harus berbulan bulan bahkan bertahun tahun jelas akan menimbulkan gejolak di masyarakat. Persoalan ini harus jadi perhatian camat, jangan dipersulit warga yang mengurus administrasi penduduk,” sebut Andi yang duduk di Komisi A DPRD Kota Medan yang membidangi masalah hukum dan pemerintahan ini.

Selain KTP, kata Andi, masih banyak warga belum tahu bagaimana mengurus kepesertaan program pemerintah seperti KIS, KIP, PKH, BPJS dan lainnya. Karena, sudah bertahun-tahun program tersebut didengungkan, tapi banyak warga kurang mampu tidak mendapatkannya.

Menanggapi persoalan tersebut, Ketua Fraksi Persatuan Nasional ini mengungkapkan bahwa, untuk menjadi peserta program pemerintah ada diatur dalam Undang-Undang yang dibuat pemerintah dan DPRD RI. Untuk menjadi peserta KIP harus berdasarkan data yang direvisi 2 tahun sekali, dimana terakhir direvisi pada Desember 2018 lalu.

Yang menjadi masalah adalah kurangnya sosialisasi dari instansi terkait tentang adanya perubahan data, sehingga banyak masyarakat yang tidak tahu, dan ini dimanfaatkan oknum terkait untuk praktek kolusi sehingga ada warga yang tidak berhak bisa mendapatkannya. Tapi, warga juga sebaiknya harus memahami program-program tersebut agar dapat menjadi pesertanya,” katanya.(HP)