Beranda Daerah

Beramal dengan Bebagi Rezeki, Hotman Ketua YP.Singosari Delitua beri Santunan pada Anak Yatim.

79
?

Delitua – Sumawa.com.

Memberikan santunan anak yatim sering menjadi pilihan masyarakat dalam berbagi rezeki kepada sesama. Ketua Yayasan Pendidikan singosari memberikan santunan pada anak Yatim baik dari siswa/i singosari maupun dari warga sekitar delitua acara di laksabakan diaula sekolah Singosari pada kamis (23/1).

Anak yatim adalah mereka yang tidak lagi memiliki ayah karena wafat. Seseorang yang menyantuni anak yatim akan mendapatkan keutamaan dan pahala yang besar.

Kamus Besar Bahasa Indonesia menyatakan, yatim berarti tidak memiliki ayah lagi karena ayah meninggal atau wafat. Sementara, dalam agama Islam, yatim bermakna serupa, yaitu anak yang ditinggal wafat ayahnya, tetapi usia si anak belum mencapai masa balig.

Menanggung anak yatim berarti memperhatikan dan mengurusi semua kebutuhan hidupnya, mulai dari kebutuhan sandang, makanan dan minuman, hingga pendidikan.

?

“Walau anak yatim telah berusia di atas 15 tahun, secara fisik ia masih punya hak untuk memperoleh santunan. Selain itu, pembekalan secara agama dan pendidikan yang memadai juga menjadi kebutuhan mereka agar dapat hidup mandiri ketika beranjak dewasa. Singkat kata, selama anak yatim masih bersekolah dan belum bekerja, maka ia masih bisa mendapat bantuan” kata Hotman di sela sela acara

Bentuk Santunan yang Diberikan anak yatim sebako dan uang saku untuk membeli peralatan sekolah, santunan anak yatim diberikan sebagai bentuk kepedulian pada keperluan mereka.

Kebutuhan hidup dasar, dapat disampaikan secara insidental atau pada momen hari raya. Biasanya berupa paket sembako, uang tunai, pakaian, atau sumbangan hari raya.

Kebutuhan pendidikan. Biasanya, Anda dapat memberikan beasiswa rutin per bulan (terutama bagi anak yang berprestasi), bantuan tunai biaya pendidikan bagi yang berprestasi.

Kebutuhan untuk mengembangkan potensi. Meski bukan kebutuhan utama, pengembangan potensi tetap diperlukan guna memberikan bekal keterampilan dasar bagi anak yatim. Contoh kegiatan yang bisa dilakukan adalah melakukan rekreasi dan outbound, membiayai kursus sesuai minat anak, dan/atau mengikuti pendidikan dan latihan tertentu.

Inilah yang melandasi semangat Hotman Saragih, SE ketua Yayasan pendidikan Singosari Delitua Meski ia seorang pengusaha tapi dia selalu ingat pada anak yatim kondisi yang terlalu sibuk dan padat waktu ini tidak menyurutkan niat mulianya untuk membantu sesama.(Irw)