Beranda Daerah

Gunung Sinabung Kembali Erupsi

35
Ilustrasi Erupsi Gunung Sinabung (foto muzizat itu nyata)

Karo,Sumawa.com – Gunung Sinabung erupsi (9/6) Erupsi dimulai pukul 16.30 Wib diperkirakan Tinggi kolom abu teramati kurang-lebih 7.000 meter di atas puncak (sekitar 9.460 meter di atas permukaan laut, polsek Simpang Empat melalui Facebook Polda Sumut menginformasikan bahwa dampak dari erupsi ,disekitar zona merah  ditutupi debu tebal eruspsi  dan menghalangi pandangan sekitar area, polres karo melalui Polsek Simpang Empat bertindak cepat dengan menghimbau para  wisatawan yang  berkunjung di danau laukawar untuk segera mengosongkan lokasi wisata tersebut dan menghimbau agar masyarakat tidak melakukan aaktivitas di zona merah kawasan Erupsi.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, melalui keterangan persnya,  mengatakan status Gunung Sinabung tetap siaga (level III) dengan sejumlah rekomendasi. Pertama, masyarakat dan pengunjung/wisatawan agar tidak melakukan aktivitas pada desa-desa yang sudah direlokasi, serta lokasi di dalam radius radial 3 km dari puncak Gunung Sinabung, serta radius sektoral 5 km untuk sektor selatan-timur, dan 4 km untuk sektor timur-utara. Kedua, jika terjadi hujan abu, masyarakat diimbau memakai masker bila keluar rumah untuk mengurangi dampak kesehatan dari abu vulkanik. Mengamankan sarana air bersih serta membersihkan atap rumah dari abu vulkanik yang lebat agar tidak roboh. ketiga, masyarakat yang berada dan bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di Gunung Sinabung agar waspada terhadap banjir lahar hujan

Diperkirakan tiga kecamatan yang paling berdampak terkena Sebaran abu vulkanik Sinabung ini  ialah Kecamatan Tiga Binanga, Kecamatan Payung dan Kecamatan Naman.(AS)