Beranda Daerah

Pohon Palem di Depan Kantor DPRDSU Keropos, Parlaungan: Harus Segera Dipotong Sebelum Tumbang

208

Medan, Sumawa.Com

Sebatang pohon palem besar yang tumbuh di depan kantor DPRD Sumut Jalan Imam Bonjol Medan sudah keropos. Bagian batangnya berlubang lebih satu meter, kemungkinan karena dimakan rayap. Pohon ini berpotensi tumbang, tapi ironisnya masih dibiarkan tumbuh.

Anggota Komisi D DPRD Medan Parlaungan Simangunsong ST ketika dikonfirmasi wartawan, Rabu (6/2) mengatakan, Dinas Kebersihan dan Pertamanan harus segera memotongnya sebelum tumbang sendiri. Karena pohon-pohona di inti kota ditanam oleh Dinas tersebut.

“Jangan setelah tumbang dan ada korban jiwa, barulah dinas terkait kalang kabut dan “buang badan”. Tidak mungkin pihak dinas tidak mengetahuinya, karena setiap hari petugasnya lintas di Jalan Balai Kota, Raden Saleh, Imam Bonjol untuk menyiram tanaman kota,” kata Parlaungan.

Menurut Seketaris Fraksi P Demokrat DPRD Medan ini, hutan kota sangat perlu sebagai sumber oksigen dan menyerap debu yang disebabkan polusi udara. Namun setiap saat pohon-pohon yang ditanam harus dikontrol, jika daunnya sudah rindang harus dipangkas.

Apalagi, kata Parlaungan, akar pohon-pohon hutan kota tidak kuat karena ditanam di atas trotoar. Sehingga akarnya tidak menembus ke tanah, tapi menjalar ke samping. Sehingga jika diterpa angin kencang sangat gampang tumbang.

“Pernah di tahun 2011 angin kencang melanda Medan, banyak pohon yang tumbang, termasuk di Jalan Brigjen Katamso. Saya waktu itu Ketua Komisi D dan meninjau ke lapangan, pohon-pohon yang tumbang akarnya tidak menembus aspal. Berarti ditanam di atas aspal,” terangnya seraya berharap, dinas terkait segera menebang pohon palem di depan kantor DPRDSU.()

Medan, 6 Pebruari 2019

Teks Foto: Pohon palem yang sudah keropos di depan kantor DPRD Sumut Jalan Imam Bonjol Medan.