Beranda Daerah

Setelah 6 Tahun Berkecimpung di Maluku, Robinson Sitorus “Pulang Kampung” Jadi Kajari Tobasa

22
FOTO BERSAMA: Kajari Tobasa Robinson Sitorus foto bersama Bupati Tobasa Darwin Siagian, Anggota DPRD SUmut Parlaungan Simangunsong, Plt Ketua DPD P Demokrat Sumut Herri Zulkarnain Hutajulu, Ketua DPD GAMKI Sumut Landen Marbun, Anggota DPRD Medan Abdul Rani, mantan Pj Bupati Tobasa Hasiholan Silaen, Humas TPL A Manik dan lainnya, di selah-selah acara pisah sambut Kajari Tobasa dari Jeffry Maukar kepada Robinson Sitorus, Senini (4/11) di Medan Club Jalan Kartini Medan.

Medan, Sumawa.Com

Enam tahun di Provinsi Maluku, Dr Robinson Sitorus SH MH MM dipercaya oleh pimpinannya “pulang kampung”, menjadi kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Tobas Samosir, di Balige. Dia dilantik, Senin (4/11) oleh Kepala Kejaksaan Tinggi Sumut H Fachruddin Siregar SH MH, di aula diklat Kejati Sumut, Jalan Kejaksaan Medan bersama sejumlah Kajari lainnya di jajaran Sumatera Utara.

Robinson sebelumnya menjabat Kajati Maluku Tengah, dia dipercaya memimpin Kejari Tobasa menggantikan Jeffry Maukar SH MH yang dipromosi menjadi Kajari Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau. Pisah sambut dilaksanakan, Senini (4/11) di Medan Club Jalan Kartini Medan.

Turut hadir, Bupati Tobasa Darwin Siagian, Sekda Audy O Murphy Sitorus, Ketua DPRD Tobasa Boyke Pasaribu, Kapolres AKBP Agus Waluyo SIK, mantan Pj Bupati Tobasa Hasiholan Silaen dan lainnya. Robinson membawa sejumlah kepala seksi Kejari Maluku Tengah ke Balige untuk melihat keindahan Danau Toba.

Hadir juga para sahabatnya dari Medan seperti Parlaungan Simangunsong SE (Anggota DPRD Sumut), Herri Zulkarnain Hutajulu (Plt Ketua DPD P Demokrat SUmut, Ketua DPD GAMKI Sumut landen Marbun dan Anggota DPRD Medan Abdul Rani.

Robinson menceritakan kariernya dimulai dari Pematangsiantar, karirnya menjadi Jaksa pertama kali di Kejaksaan Negeri Cabang Tobasa di Porsea. Kemudian dimutasi jadi Kais Intel di Kejari Madina di Penyabungan, Kasi Intel Kejari Tebingtinggi, Kasi Pidsus Kejari Tebingtinggi, mutasi ke Kejati Sumut, menjadi Kasi Pidsus di Kejari Medan. Selanjutnya mantan pengurus DPD GAMKI Sumut ini pindah ke Kejati Maluku.

“Selama dua tahun saya di Kejati Maluku, kemudian mendapat promosi jadi Kajari di Maluku Tengah. Empat tahun empat bulan saya di Maluku Tengah kemudian pimpinan saya dipindah ke Balige, Tobasa adalah bona pasogit saya, karena orangtua berasal dari Kecamatan Lumbanjulu. Ibu saya boru Tampubolon, istri saya boru Manullang,” terangnya.

Sekda Tobasa Audy O Murphy Sitorus berharap, Robinson bisa lebih sukses lagi di Tobasa. Karena Jeffri Maukar selama menjabat Kajari Tobasa sudah sukses menangani penegakan hukum. Apalagi populasi marga Sitorus cukup besar di Tobasa, terlebih lagi Tanah Batak diikat oleh dalihan natolu.

“Kami dari ASN, mohon bimbingan dari Kajari agar kami terhindar dari tindakan melawan hukum,” tuturnya. () P.H.