Beranda Daerah

Terkait Pencopotan Tiga Direksi PD Pasar, Ketua DPRD Medan Minta Operasional Pasar Jangan Diganggu *Kalau Menang PTUN, Plt Wali Kota Harus Mengembalikan Hak Rusdi Sinuraya

24
Hasyim SE

Medan, Sumawa.Com

Ketua DPRD Medan Hasyim SE mengatakan, mantan Dirut PD Pasar Rusdi Sinuraya mematuhi keputusan Wali Kota yang telah memberhentikan dirinya bersama dua direksi lainnya. Kalau dianggap keputusan itu merugikan atau tidak sah, dipersilahkan menempuh jalur hukum di PTUN Medan.

“Kalau terjadi kericuhan atau tarik menarik, operasional pasar jadi terganggu, para pedagang dan pemebeli jadi terganggu. Biarlah pasar beroperasional dengan baik dan pedagang berjualan dengan tenang pembelipun nyaman berbelanja, karyawan pasar bekerja sebagaimana mestinya,” kata Hasyim kepada wartawan, Jumat (30/1).

Karena kehadiran Perusahaan Daerah (PD) Pasar ini berorientasi mencari laba yang menjadi pendapatan asli daerah (PAD). Maka, pasca pemecatan Dirut dan dua direksi lainnya, ia berharap semua pihak bisa menahan diri. Biarkanlah pihak Dewan Pengawas (Dewas) dari pemko yang dihunjuk Plt Wali Kota bekerja mengoperasionalkan PD Pasar.

Menurut Hasyim, sudah menjadi hak wali kota memberhentikan direksi perusahaan daerah kalau dinilai bekerja kurang baik. Karena pasar itu 100 persen adalah milik pemko dimana pimpinannya adalah wali kota. Pasar yang berjumlah 52 pasar di Medan merupakan milik pemko sehingga wali kota berkewenangan memberhentikan kalau dalam penilaian wali kota dianggap kurang memuaskan.

“Kalau direksi merasa tidak ada melanggar peraturan selama menjabat sehingga tidak menerima putusan pemecaran itu bisa menggugat lewat PTUN. Wali kota juga harus menghormati keputusan pengadilan jika PTUN menerima gugatan Rusdi dan dua direksi lainnya,. Jabatan mereka harus dikembalikan seperti biasa. Makanya kita harus bersa bar menunggu keputusan PTUN,” terangnya.

Untuk itu, lanjut dia, pihak-pihak pendukung ketiga mantan pejabat tinggi PD Pasar tersebut jangan dulu membuat aksi. Karena kalau saling ngotot, pegawai bisa bingung, harus berpihak kemana. Biarlah Plt Direksi yang dihunjuk Plt Wali Kota bekerja sebagaimana mestinya.

“Pihak pendukung mantan direksi diminta tenang, jangan membuat pergerakan yang bisa merugikan orang lain dan diri sendiri, kita tunggu putusan PTUN. Kepolisian dan Satpol PP juga harus menjaga pasar dan kantoir PD Pasar dari kemungkinan adanya aksi dari pihak-pihak yang tidak menginginkan para direksi pasar tersebut dipecat,” tuturnya. (P.H)
Medan, 31 Januari Januari 2020